Mencari Bahan Baju Bayi Terbaik, Katun Adalah Pilihannya!

Secara umum, banyak orang sudah tahu bahwa anak-anak memiliki kulit yang lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Ini tentu saja berlaku ketika anak masih bayi, di mana bahkan kondisi kulit mereka lebih sensitif lagi dan cenderung rentan mengalami iritasi kulit. Oleh sebab itulah, bagi Anda yang memiliki anak yang masih kecil, terutama yang masih bayi, Anda harus memastikan bahwa bahan baju bayi yang digunakan untuk anak aman dan nyaman.

Ini tentu saja harus diperhatikan lantaran resiko yang akan terjadi seandainya Anda memilih baju bayi seenaknya saja tanpa melihat bahannya. Berhubung kulit bayi sangatlah sensitif, jangan heran jika seandainya muncul bintik-bintik merah di kulit, terjadi iritasi dan gatal-gatal, serta bahkan keracunan lantaran bahan dari bajunya yang ternyata terbuat dari bahan berbahaya. Semua itu bisa terjadi ketika Anda tak bersikap pilih-pilih untuk masalah baju bayi.

Saat Anda akan memilih bahan baju bayi, maka inilah beberapa pertimbangan yang akan membantu Anda dalam mempermudah pilihan:

  • Bahan pakaian tersebut haruslah bisa membuat bayi merasa hangat, namun di sisi lain juga bisa membuat bayi terasa sejuk.
  • Bahan tersebut juga perlu untuk cukup fleksibel sehingga tidak akan menghalanginya saat sekolah atau sedang bergerak.
  • Bahan baju tersebut juga harus bisa menyerap pakaian sehingga tidak menimbulkan iritasi maupun gatal-gatal pada kulit.
  • Setiap hari, baju untuk bayi juga harus diganti demi menghindari masalah kesehatan bagi bayi seperti iritasi.
  • Sebisa mungkin, bahan untuk baju bagi anak tersebut juga berasal dari bahan-bahan yang alami.
  • Ukuran dari bahan kain tersebut juga sebaiknya diperhatikan agar baju yang dibuat darinya bisa dipakai secara pas di badan anak.

Dari sekian banyak kriteria di atas, yang memenuhi sebagian besar persyaratan tersebut, bahkan bisa jadi semuanya, adalah kain yang merupakan kain katun. Anda yang tinggal di Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan bahan kain yang satu ini, yang menjadi andalan untuk baju bayi lantaran:

  • Katun, tepatnya katun kaos, adalah bahan kain yang bisa menyerap keringat dengan efektif di negara tropis yang panas seperti Indonesia.
  • Elastis, sehingga ketika dibuat menjadi pakaian, bayi masih tetap bisa bergerak dengan bebas.
  • Bisa menahan panas tubuh, sehingga katun ini juga berguna untuk membuat bayi merasa nyaman dan hangat saat musim dingin sendiri tiba.
  • Teksturnya halus, sangat cocok untuk menjadi baju bayi karena kulit mereka yang masih sensitif.
  • Bahan kain ini berasal dari alam dan tak terbuat dari campuran bahan kimia yang membahayakan.
  • Harga pakaian yang dibuat dari katun juga lebih murah.

Tentu saja, bahan untuk membuat baju bayi tak hanya katun saja. Anda masih memiliki pilihan untuk mencari alternatif lain, seperti:

  • Spandex – merupakan bahan sintetis dari polymer yang elastis, bisa mengikuti bentuk tubuh, menyerap keringat, dan nyaman dipakai.
  • Fleece – mirip dengan wol. Hangat, sejuk, dan sangat nyaman untuk dipakai. Biasa dipakai membuat jaket, sweater, dan jumper.

Beruntung lah Anda karena di Indonesia, bahan baju bayi yang berupa katun sangat mudah didapatkan, demikian pula dengan bahan-bahan kain jenis yang lain bagi ibu yang ingin bereksperimen. Namun yang penting adalah, kain tersebut aman bagi kulit bayi serta tak menimbulkan reaksi alergi maupun iritasi, dan cocok digunakan di negara tropis yang lembab dan panas.

 

Be the first to comment on "Mencari Bahan Baju Bayi Terbaik, Katun Adalah Pilihannya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*