Mendeteksi Gejala Autisme Pada Anak Sejak Usia Balita

Mendeteksi Gejala Autisme Pada Anak Sejak Usia Balita

Autisme merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi kepada anak-anak. Umumnya tidak banyak orang tua yang menyadari kondisi ini, sampai mereka menginjak usia remaja. Sehingga jikapun ingin memberikan pengobatan atau terapi juga berlangsung kurang maksimal. Kondisi yang satu ini merupakan sebuah masalah yang nantinya akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan buah hati, terutama pada saat mereka berinteraksi dengan lingkungan sosial, karena anak-anak yang mengalami masalah tersebut cenderung kesulitan dalam berinteraksi dan juga berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Umumnya gejala autisme sudah bisa dideteksi sejak mereka balita.

Mendeteksi Gejala Autisme Pada Anak Sejak Usia Balita

Masalah yang satu ini tentunya tidak bisa begitu saja diremehkan, karena nantinya akan sangat menghambat perkembangan otak mereka, juga bagaimana cara buah hati untuk bisa bergaul dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Berikut ini ada setidaknya beberapa gejala autisme yang wajib dikenali sedini mungkin, diantaranya adalah:

  1. Perkembangan buah hati berlangsung secara tidak seimbang, hal yang satu ini bisa mulai dilihat sejak mereka menginjak usia balita, dimana otaknya tidak bisa berkembang dengan baik, misalnya jika anak seusia tersebut seharusnya sudah bisa menggerakkan syaraf motoriknya, meskipun belum optimal, namun bagi anak-anak yang mengalami autisme tidak dapat melakukan hal tersebut.
  2. Buah hati akan lebih menyukai kegiatan yang mengulang-ngulang, artinya mereka tidak senang diperkenalkan dengan hal-hal baru, jika memang bisa dan mau dikenalkan akan hal baru namun mudah dilupakan, karena lebih tertarik pada satu macam hal yang sifatnya adalah mengulang-ngulang.
  3. Gangguan saat berbicara, ini akan terjadi ketika mereka sudah menginjak usia anak-anak, dimana jika seharusnya sudah bisa berbicara secara benar, maka anak yang memiliki masalah akan autisme ini justru kesulitan di dalam berbicara normal. Hal ini terkadang akan membuat lawan bicaranya menjadi bingung.
  4. Benci terhadap suara bising atau lingkungan yang ramai, kecenderungan lain yang bisa dicirikan sebagai anak yang autisme adalah mereka membenci lingkungan yang bising atau terlalu ramai, sehingga akan merasa terganggu dan rewel misalnya adalah menangis tanpa henti.
  5. Tidak menyukai kontak fisik dengan orang lain, karakteristik lainnya dari anak yang autisme adalah tidak menyukai sentuhan atau kontak fisik dengan orang lain, bahkan jika itu adalah orang tua mereka sendiri, maka buah hati juga akan tetap kesulitan menerimanya.
  6. Emosinya tidak stabil, pada waktu yang tidak terduga bisa jadi mereka akan marah sampai dengan memukul orang lain.

 

Baca Juga Ciri Balita Anda Tak Cocok dengan Susu Balita yang Diberikan

Jangan anggap sepele masalah psikis pada buah hati ini, karena faktanya semakin kesini ada semakin banyak wanita yang memiliki resiko melahirkan bayi autis. Waspadai gejalanya sejak mereka masih balita, sehingga ada penanganan tepat untuk mengatasinya.

 

Be the first to comment on "Mendeteksi Gejala Autisme Pada Anak Sejak Usia Balita"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*