Mendukung Tumbuh Kembang Bayi Dengan  Perlengkapan Bayi Perempuan Usia Diatas 6 Bulan Ini

Ketika ibu hamil tua, sebaiknya orangtua sudah mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Selain itu, ibu juga harus jauh-jauh hari mempersiapkan kelahiran seperti mengenai pentingnya asi eksklusif, mencari rekomendasi rumah sakit atau bidan yang mendukung asi eksklusif, pijat asi, dan informasi lainnya mengenai pasca melahirkan. Begitu juga dengan ayah, sudah mempersiapkan menjadi ayah siaga dan juga ayah asi, agar semua keluarga saling mendukung ketika bayi dilahirkan. Perlengkapan bayi bisa orangtua beli ketika bayi sudah ketahuan jenis kelaminnya, ketika bayi berjenis kelamin perempuan, maka perlengkapan bayi perempuan harus di list orang tua diantaranya perlengkapan mandi seperti bak mandi, perlengkapan tidur termasuk bantal, guling, sarung tangan dengan motif yang lucu-lucu dan perlengkapan menyusui lainnya.

Semua perlengkapan juga harus mempertimbangkan kebutuhan dan juga budgeting, karena memang kebutuhan bayi tidak terhenti sampai awal kelahiran saja namun juga persiapan untuk setelah bayi menginjak usia 6 bulan keatas dan setelahnya. Selain itu, orangtua juga harus mempertimbangkan keamanan dan efektitasnya seperi penggunaaan bak mandi plastik yang kokoh dan anti selip agar bak mandi tidak mudah tergeser dan juga penggunaan bak mandi lipat jika orangtua sering melakukan travelling selama beberapa hari.

selain itu, perlengkapan lainnya yang dibutuhkan bayi antara lain adalah :

  1. Mainan Untuk Merangsang Tumbuhnya Gigi Bayi

Ketika bayi sudah menginjak usia beberapa bulan, maka satu demi satu gigi bayi akan tumbuh. Hal tersebut sebenarnya akan membuat bayi akan susah untuk makan. Hal yang sering dilakukan bayi ketika giginya tumbuh adalah memasukkan tangannya ke mulut. Untuk menghindari kuman di tangan masuk mulut, sebaiknya orangtua membeli mainan yang bertekstur kenyal untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. ibu cukup membelikan sebanyak 2 buah agar nanti bisa dibuat bergantian jika ingin mencuci mainan satunya atau mainan satunya mengalami kerusakan. Tentunya orangtua bisa membelinya di toko perlengkapan bayi atau bisa secara online.

 

  1. Perlengkapan Makan Bayi

Bayi yang berusahan di atas 6 bulan maka selain tetap memberikan asi, maka ibu harus memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang teksturnya berbeda setiap beberapa bulan. untuk mendukung pemberian MPASI, maka ibu sebaiknya membeli peralatan makan seperti mangkok, sendok dengan desain dan motif yang lucu untuk perlengkapan bayi perempuan.

Selain itu, ibu juga harus memperkaya diri mengenai berbagai resep menu MPASI agar bayi tubuh sehat. Ibu bisa menggunakan MPASI instan ataupun membuat sendiri. Dalam perkenalan MPASI, resep sebaiknya tidak menggunakan bumbu yang terlalu merangsang karena akan mempengaruhi konsumsi makanan bayi dikemudian hari. selain itu, mulai perkenalkan sayur dan buah agar bayi tidak picky eater. Selain dari buka resep makanan khusus MPASI, ibu juga bisa mendapatkannya di resep secara online.

 

  1. Baby Chair

Ketika bayi sudah bisa merangkak, ibu akan semakin kerepotan ketika memberikan makan kepada bayi. sebaiknya ibu membeli baby chair untuk memudahkan pemberian makan pada bayi. selain itu, penggunaan baby chair juga bisa memudahkan ibu untuk makan sekalian di meja makan bersama dengan keluarga lainnya.

 

  1. Baby Walker

Ketika bayi sudah mulai merangkak maka bayi akan mulai juga untuk memegang benda yang lebih tinggi dari bayi untuk berdiri. Untuk mendukung aktivitas itu serta merangsang pergerakan bayi ibu bisa membeli baby walker yang cocok untuk tinggi bayi. agar bayi tidak bergerak terlalu leluasa, ibu bisa mengaitkan tali pada baby walker agar bayi tetap berada pada posisi yang masih terjangkau.

 

Dengan berbagai perlengkapan bayi perempuan yang dibutuhkan, ibu tetap harus tetap waspada terhadap aktivitas bayi.

 

Be the first to comment on "Mendukung Tumbuh Kembang Bayi Dengan  Perlengkapan Bayi Perempuan Usia Diatas 6 Bulan Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*