Mengatasi GTM dengan Gigitan Bayi

GTM atau Gerakan Tutup Mulut pada bayi seringkali terjadi, terutama ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan dimana bayi sedang masa-masa MPASI. Selain masa MPASI, bulan ke-6 juga rawan tumbuhnya gigi pertama sehingga akan membuat rasa tidak nyaman pada mulut bayi. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan gigitan bayi.

baca juga: Manfaat Gigitan Bayi atau Teether

Gigitan bayi atau teether ini sangatlah bermanfaat karena bisa memberikan kenyamanan tatkala bayi merasa gelisah karena gigi pertamanya akan tumbuh. Dengan teether ini, bayi akan memasukkan teether untuk mencari kenyamanan di mulutnya.

Teether memang dirancang sedemikian rupa untuk mengatasi masa dimana bayi merasa tidak nyaman ketika tumbuh gigi. Teether ini juga memiliki manfaat besar untuk memberikan rangsangan agar gigi cepat tumbuh karena bayi akan menggigit teether ini.

Pada bagian dalam teether ada yang berisikan gel yang dingin, ini tentunya sangat berguna untuk mendinginkan bagian gigi atau gusi bayi yang sakit sehingga bayi akan lebih tenang meskipun sedang tumbuh gigi.

Teether ini memiliki desain sedemikian rupa sehingga mudah, nyaman, dan aman digenggam oleh bayi. Pada bagian bawah, teether memiliki lubang untuk memudahkan bayi menggenggam. Selain itu warnanya juga cerah sehingga menstimulasi pandangan bayi.

Bentuk teether saat ini sudah bermacam-macam, ada yang berupa hewan-hewan, boneka, dan masih banyak lagi. Bahannya pun empuk karena terbuat dari karet yang nyaman dan aman bagi bayi.

Akan tetapi, banyak orangtua yang belum tahu mengenai teether ini, padahal manfaatnya sangat besar sekali. Orangtua yang tinggal di perkotaan mungkin sudah mengenal adanya teether ini, akan tetapi para orangtua yang tinggal di pinggiran kota kurang memahami adanya benda ini, bahkan bisa jadi belum mengenal jika ada benda ini.

Padahal, benda ini sangatlah bermanfaat, selain untuk merangsang tumbuhnya gigi juga untuk membantu bayi melupakan rasa sakit pada gigi dan gusinya, juga karena teether bermanfaat untuk membantu stimulasi motorik dan sensoriknya, karena bayi akan belajar menggenggam benda menggunakan teether ini.

Teether ini bisa didapatkan atau di beli di toko-toko perlengkapan bayi dengan harga yang terjangkau. Harga ini tentunya sangatlah murah, apalagi jika melihat manfaatnya yang begitu besar.

Ada banyak jenis teether yang dijual di pasaran, oleh karena itu sebaiknya pilih yang memang terbuat dari bahan yang aman dan bebas dari BPA, selain itu sebisa mungkin pilih teether yang empuk dengan tekstur yang aman untuk digigit oleh bayi, karena saat ini juga banyak teether yang memiliki bahan yang tidak aman untuk bayi, misalnya memiliki pewarna yang berbahaya.

Itulah manfaat dari gigitan bayi dan bagaimana memilih teether yang baik agar bisa mengatasi GTM atau Gerakan Tutup Mulut bayi ketika MPASI karena mulut yang tidak nyaman sebab akan tumbuh gigi.

 

Be the first to comment on "Mengatasi GTM dengan Gigitan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*