Mengatasi Ruam Popok dengan Bahan Tradisional

Ruam popok adalah salah satu jenis iritasi kulit yang sering terjadi pada bayi, khususnya pada bayi yang baru lahir. Timbulnya ruam popok ini biasanya dipicu karena adanya kelembaban yang berlebihan ketika bayi mengompol namun popoknya tidak segera diganti, selain itu ruam popok juga kerap timbul karena penggunaan deterjen pada pencucian popok. Ada banyak cara untuk mengatasi ruam popok, ada yang menggunakan obat-obatan kimia seperti salep namun bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.

Bagi para ibu yang takut buah hatinya terpapar efek obat kimia, memang lebih memilih untuk mengatasi ruam popok dengan cara menggunakan bahan tradisional. Apa saja bahan tradisional tersebut? Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Soda Kue / Baking Soda

Jika biasanya baking soda digunakan untuk membuat kue, ternyata bahan ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan ruam popok. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda sebanyak dua sendok makan ke dalam 1 liter air bersih. Basuhkan air larutan tersebut ke pantat bayi ketika mengganti popok kemudian gunakan kain kering kering untuk menyerap sisa air tersebut. Setelahnya barulah kenakan popok bersih.

  1. Tepung Maizena atau Tepung Jagung

Bahan tradisional selanjutnya yang bisa digunakan untuk menyembuahkan ruam popok adalah tepung jagung atau tepung maizena. Agar kulit tetap kering, gesekan kulit harus dikurangi dengan mengenakan popok yang lembut. Popok harus dilepaskan segera apabila sudah basah dan kotor kemudian bersihkan menggunakan air hangat sampai bersih. Kulit bayi sebaiknya diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum kemudian ditaburi tepung jagung dan kemudian dipakaikan popok bersih. Hal ini lakukan secara rutin hingga ruam popok pada bayi sembuh.

  1. Havermut / Oatmeal

Oatmeal yang memiliki jumlah protein yang tinggi ternyata mampu memberikan ketenangan serta kesejukan pada kulit bayi sehingga bisa melindungi kulit bayi secara alami. Oatmeal memiliki kandungan saponin yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran serta minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Untuk air mandi, bisa juga dengan menambahkan satu sendok makan oatmeal. Biarkan bayi berendam dengan air tersebut selama 10 hingga 15 menit. Mandikan bayi dengan menggunakan larutan ini agar kulit bayi bisa merasa tenang. Untuk penyembuhan ruam popok, mandikan bayi dengan larutan ini 2x sehari.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang dikenal sebagai minyak tradisional yang sangat bagus untuk kulit. Minyak ini memiliki sifat antimikroba dan antijamur, oleh sebab itu minyak kelapa bisa dipakai untuk menyembuhkan ruam popok. Gunakan minyak kelapa murni atau VCO agar kulit bayi yang terkena ruam popok lebih cepat sembuh. Minyak kelapa ini juga bisa menjadi pelembab kulit dan bisa digunakan untuk campuran air mandi agar kulit bayi lebih lembab dan bisa membunuh jamur Candida yang menjadi penyebab ruam popok.

Itulah beberapa bahan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok agar hasilnya lebih maksimal, gunakan secara rutin agar lekas sembuh dan ruam popok tidak muncul lagi.

Be the first to comment on "Mengatasi Ruam Popok dengan Bahan Tradisional"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*