Mengatasi Ruam Popok yang Paling Efektif dan Aman Bagi Bayi

Mengatasi ruam popok pada bayi memerlukan perhatian dan perawatan yang efektif dan aman. Walaupun ruam tidak berbahaya namun jika didiamkan terlalu lama tanpa pengobatan bisa menyebabkan peradangan atau iritasi yang parah.

Tanda-tanda terjadinya iritasi terjadi pembengkakan, nyeri, dan panas. Jika demikian, bayi menjadi mudah rewel. Daerah yang rentan terkena ruam adalah daerah lipatan yang tertutup popok, seperti pada lipatan antara testis dengan penis, sekitar anus dan selangkangan. Penyebabnya karena sering basah terkena air pipis, keringat, dan kotoran. Jika orang tua tidak rajin mengganti popok bisa menyebabkan ruam.

Ketahui bagaimana cara mengatasi dan mengobati ruam pada bayi berikut ini:

Jaga Kebersihan Area Popok

Penyebab terjadinya ruam adalah bakteri yang terdapat pada air kencing atau kotoran tinja. Jika diabaikan bakteri yang sama akan memperburuk kondisi ruam dan memperlambat proses penyembuhan. Cara mengatasinya adalah menjaga kondisi sekitar popok tetap bersih dan kering. Jika bayi menggunakan popok kain selalu cek dan segera ganti jika popok sudah terkena air kencing atau kotoran.

Jika menggunakan popok sekali pakai pilih merk popok yang memiliki daya serap tinggi dan mampu menyerap air kencing berkali-kali. Selain mencegah terjadinya iritasi, popok yang memiliki daya serap tinggi meminimalisir waktu dan tenaga untuk mengganti popok. Gunakan popok sekali pakai yang permukaannya terbuat dari bahan yang lembut. Kulit bayi masih sangat tipis dan sensitif sehingga mudah terluka dan lembab.

Baca Juga:Cara Ampuh untuk Mengatasi Ruam Popok

Jangan lupa selalu bersihkan area sekitar popok dengan air pada saat mengganti popok dan pakaikan popok baru setelah kulit kering. Jangan mengeringkan kulit yang terkena ruam dengan cara menggosoknya, karena bisa menyebabkan lecet. Cukup keringkan dengan cara menepuk-nepukl lembut permukaan kulit dengan handuk yang lembut. Jangan gunakan bedak di area yang terkena ruam karena bisa memperlambat proses penyembuhan.

Gunakan Salep Khusus Ruam Atau Bahan Alami

Mengatasi ruam popok bisa dengan cara mengoleskan salep khusus ruam yang bisa Anda dapatkan di apotek. Salep ruam biasanya mengandung zinc oxide atau petroleum jelly yang membantu meredakan iritasi dan peradangan.

Bahan alami yang dipercaya mengobati ruam pada bayi adalah minyak kelapa dan minyak zaitun. Idealnya ruam akan sembuh setelah tiga hari diobati. Jika ruam bertambah parah seperti: keluar bintik-bintik merah, melepuh sampai keluar nanah sebaiknya waspada dan segera periksakan ke dokter karena jika tidak segera ditangani bisa menyebar ke daerah lain.

Menjaga kebersihan area pantat, paha dan kelamin adalah kunci utama mengatasi ruam popok. Jangan sampai telambat atau menunda mengganti popok bayi Anda. Agar lebih bersemangat mengganti popok, buat aktivitas mengganti popok menjadi lebih menyenangkan. Misalnya saat mengganti popok ajak obrol buah hati atau nyanyikan lagu yang bisa membuat meningkatkan mood.

Be the first to comment on "Mengatasi Ruam Popok yang Paling Efektif dan Aman Bagi Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*