Mengenal Biskuit Bayi Terbaik Untuk Si Kecil

Mengenal Biskuit Bayi Terbaik Untuk Si Kecil

Makanan adalah sumber nutrisi yang sangat penting untuk bayi dan harus selalu dijaga kebaikanya bagi setiap orang tua kepada anaknya. Biskuit bayi menjadi salah satu pilihan makanan atau finger food yang dapat diberikan kepada anak usia 6 bulan sebagai pendamping ASI, makanan lain bernutrisi yang baik diberikan kepada si kecil diataranya juga potongan buah dan sayur segar yang dikukus lunak. Pemberian makanan pendamping ASI dimulai ketika usia bayi 6 bulan, namun juga menyesuaikan kesiapan dari si kecil. Tanda-tanda si bayi sudah siap menerima makanan pendamping ASI yaitu bayi selalu penasaran dengan makanan yang disantap oleh orang-orang disekelilingnya.

Mengenal Biskuit Bayi Terbaik Untuk Si Kecil

Biskuit bayi yang dijual dipasaran memang sudah dilengkapi dengan formula yang dibutuhkan oleh bayi, namun ada baiknya sebagai orang tua anda harus memperhatikan beberapa rambu sebelum memberikan biskuit untuk anak, diantaranya:

  • Pilih biskuit yang cepat larut di mulut bayi

Biskuit yang diperuntukkan untuk bayi biasanya dibuat dari bahan yang cepat hancur dan larut ketika di mulut. Hal ini agar tidak melukai gusi bayi dan menghindarkan resiko bayi tersedak saat makan.

  • Bentuk biskuit

Pilihlah biskuit dengan bentuk bulat agar tidak melukai mulut atau gusi bayi. Biskuit bayi dengan ukuran agak tebal juga daapt memudahkan bayi dalam menggenggam makanannya.

  • Kandungan susu

Beberapa biskuit terkandung susu sapi sebagai pelengkap. Seperti yang diketahui bahwa susu sapi mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah si bayi alergi terhadap susu sapi atau tidak. jika anak alergi terhadap susu sapi, sebaiknya pilihlah biskuit yang tidak ada kandungan susu didalamnya untuk mengurangi resiko alergi.

  • Pengawet dan Pemanis Buatan

Usahakan memilih biskuit dengan bahan pengawet dan pemanis alami.agar lebih sehat untuk anak.

Perhatikan juga jumlah kandungan gula, kandungan gula yang berlebih akan menimbulkan resiko obesitas terhadap anak dikemudian hari.

  • Gandum dan gluten

Apabila dalam keluarga terdapan riwayat intoleransi gluten? sebaiknya kedua kandungan ini dihindari. Tapi jika tidak ada intoleransi gluten, biskuit yang mengandung bahan tersebut boleh saja diberikan dalam jumlah yang wajar.

  • Perhatikan kandungan nutrisi

Pilihlah biskuit bayi yang dilengkapi dengan nutrisi seperti AA, DHA, zat besi, prebiotic, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Untuk memberikan biskuit bayi terbaik, berikan secara bertahap semisal mulai dari seperempat keeping, setengah keeping dan satu keping. Dengan begitu bisa mengetahui apakah anak menyukai varian rasa biskuit atau tidak. Dan yang paling penting adalah tetap awasi anak saat menikmati cemilan untuk menghindari bahaya tersedak. Perhatikan juga jumlah dan waktu pemberian cemilan kepada anak.

Be the first to comment on "Mengenal Biskuit Bayi Terbaik Untuk Si Kecil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*