Mengenal Ciri-ciri Orang Hamil Muda

Hamil merupakan sebuah salah satu hal yang biasa di alami oleh sebagian orang pada tahap pasca pernikahan. Kehamilan ini sangat dinanti-nanti oleh siapapun di dalam sebuah keluarga. Tentunya fase ini adalah sebuah fase yang membahagiakan bagi setiap pasangan. Namun, sudahkah Anda mengetahui ciri ciri wanita hamil? Meski dapat dicek melalui tes urin menggunakan alat tes kehamilan atau tes darah di laboratorium, Anda juga bisa mengenali ciri-ciri hamil muda melalui beberapa hal berikut. Baca selengkapnya.

 

  • Perubahan pada Payudara

 

Jika terjadi kehamilan, maka payudara umumnya akan membesar, hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron.

 

  • Mual dan Muntah-muntah (Morning Sickness)

 

Mayoritas ibu hamil akan mengalami tanda kehamilan ini, dimana pemicunya adalah peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba. Rasa mual ini umumnya baru akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua.

Nah, jika Anda mual-mual pada saat hamil muda, ada beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda. Maka salah satunya adalah dengan cara memakan makanan yang mengandung asam folat, yakni:

 

  • Jeruk

 

Buah jeruk termasuk golongan buah yang mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk saja bisa memberikan sekitar 50 mcg asam folat, dengan kata lain apabila Anda mengkonsumsi 2 buah jeruk saja telah memenuhi 100 mcg. Segelas besar jus jeruk kemungkinan besar akan memberikan lebih banyak, asalkan dikonsumsi tanpa gula berlebih. Kandungan vitamin C pada jeruk juga baik bagi kesehatan tubuh.

 

  • Alpukat

 

Daftar buah dan sayur kaya asam folat pertama ditempati oleh buah alpukat. Buah yang lembut ini terkenal memiliki kandungan lemak yang baik bagi tubuh. Ternyata buah alpukat juga mempunyai kandungan asam folat yang dapat memenuhi hingga 22% kebutuhan asam folat harian Anda. Terlebih lagi, alpukat juga kaya vitamin K serta serat yang berguna bagi tubuh.

 

  • Sayur Berdaun Hijau Tua

 

Dalam meningkatkan asupan asam folat, sertakan sayuran berdaun hijau tua misalnya bayam, sawi hijau, kangkung, dan selada kedalam diet harian Anda. Satu cangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg folat atau mencapai 65% dari kebutuhan harian. Sementara satu cangkir sawi hijau 177 mcg atau sekitar 44%.

Be the first to comment on "Mengenal Ciri-ciri Orang Hamil Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*