Mengulas Tentang Langkah-langkah Proses Bayi Tabung yang Perlu Anda Ketahui

Mengulas Tentang Langkah-langkah Proses Bayi Tabung yang Perlu Anda Ketahui

Bayi tabung merupakan pilihan lain untuk pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak. Dengan cara menggabungkan sel telur dan sperma di luar tubuh. Sel telur yang telah dibuahi akan dipindahkan ke dalam rahim wanita. Proses ini memang berlangsung sangat panjang dan memakan biaya yang cukup mahal. Selain itu juga dibalik proses yang panjang, pasangan suami dan istri juga harus memahami beberapa hal dengan membekali diri dengan informasi ini. Membekali diri adalah langkah awal untuk menyiapkan diri secara fisik dan mental untuk mengikuti berbagai proses yang panjang serta kuat dalam setiap doa yang dipanjatkan.

Mengulas Tentang Langkah-langkah Proses Bayi Tabung yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah langkah-langkah proses dari in fitro vertilization ini diantaranya:

  • Ketahui siklus menstruasi, disarankan juga untuk mengonsumsi pil kontrasepsi sebelum melakukan program seperti ini. Pil ini dapat meningkatkan kesuksesan program ini dan mengurangi sindrom hiperstimulasi ovarium dan Kista ovarium.
  • Setelah ovarium melepaskan sel telur, pasien akan diberikan antagonis GnRH atau agonis GnRH yang berupa suntik. Obat ini untuk mengontrol siklus pelepasan sel telur saat program ini dimulai.
  • Jika belum memasuki tahap pelepasan sel telur, pasien akan diberi obat progesterone dalam bentuk Prover. Setelah 6 hari, mengonsumsi antagonis dan agonis GnRH.

Disarankan untuk selalu mengikuti arahan dari dokter supaya program bayi tabung tetap lancar dan tetap melalui beberapa tahap dengan baik. Ketika program ini dimulai, saat menstruasi hari pertama dan pada hari kedua menstruasi dokter akan mengambil tes darah dan USG. Pada tes ini dokter akan melihat kadar estrogen pasien terutama estradiol, tes ini digunakan untuk memastikan ovarium dalam keadaan tidur inilah efek dari suntikan antagonis GnRH. Melakukan USG transvaginal digunakan untuk memeriksa ukuran ovarium. Selain itu juga menemukan Kista ovarium jika pasien memilikinya, jika ada Kista maka dokter akan segera menangani Kista tersebut sebelum melanjutkannya ke tahap selanjutnya.

Berikut adalah langkah-langkah program ini diantaranya:

  • Stimulasi atau merangsang indung telur yaitu memastikan banyaknya sel telur, sel telur ini nantinya akan berjuang memperoleh embrio.
  • Melakukan pemantauan pertumbuhan cairan berisi sel telur pada indung telur untuk mengecek sel telur sudah matang dan siap di panen.
  • Pematangan sel telur dengan menyuntikkan obat supaya siap panen.
  • Pengambilan sel telur dan di analisa laboratorium.
  • Pengambilan sperma suami dilakukan melalui masturbasi atau pengambilan langsung pada buah zakar melalui operasi.

 

Baca Juga Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Menjalani Program Bayi Tabung dalam Waktu Dekat

Selanjutnya untuk program bayi tabung adalah pembuahan dalam media kultur laboratorium yang dapat menghasilkan embrio. Ketika embrio terbentuk maka embrio di transfer kedalam rahim kembali. Adanya usaha untuk menunjang fase lacteal untuk mempertahankan dinding dengan memberi obat supaya dinding rahim pasien tahan saat terjadi kehamilan. Proses terakhir adalah proses simpan beku embrio untuk persiapan untuk menjadi seorang anak.

 

Be the first to comment on "Mengulas Tentang Langkah-langkah Proses Bayi Tabung yang Perlu Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*