Menilik Beragam Jenis Mainan Bayi yang Edukatif Usia 6 Bulan

Mainan merupakan alat yang digunakan untuk sarana bermain dan mempunyai banyak sekali jenis yang bisa dipilih. Dari banyaknya jenis permainan tersebut, ada juga yang ditunjukkan untuk bayi. Ketika memilih mainan bayi memang harus cermat karena harus disesuaikan dengan fungsi dan juga usia bayi sehingga dapat mengerti untuk memainkan mainan tersebut. Misalnya saja untuk usia bayi 6 bulan yang belum bisa berjalan atau berbicara maka harus memilih jenis mainan yang cocok untuk dirinya. Dimana jenis mainan yang cocok dan edukatif adalah yang dapat merangsang inderanya untuk dapat aktif. Oleh karena itulah orangtua harus selektif untuk memilih jenis permainan yang cocok untuk bayi usia 6 bulan seperti beberapa jenis mainan berikut ini.

  • Mainan yang berbentuk gantungan

Jenis mainan pertama yang bisa dipilih adalah yang mempunyai bentuk gantungan. Jenis permainan gantungan ini banyak sekali yang umumnya bisa digantung di atap atau juga bisa ditempatkan di atas keranjang bayi. Seperti misalnya jenis mainan bentuk boneka, kepingan mainan yang dapat berputar, dan juga manik-manik. Bentuk seperti ini akan dapat baik untuk melatih berbagai indra pada bayi agar dapat bergerak secara aktif. Baik matanya, indra pendengaran, dan juga lainnya. Sehingga jenis mainan ini sangat cocok untuk permainan yang edukatif untuk bayi usia 6 bulan.

  • Mainan cermin kecil

Jenis mainan bayi selanjutnya yang sangat cocok untuk bayi usia 6 bulan adalah cermin kecil. Pilihlah jenis mainan ini yang mempunyai bahan yang aman seperti dari plastik sehingga tidak akan melukai bayi. Jenis permainan ini akan dapat untuk memperkenalkan wajahnya dan juga dapat untuk di gerak-gerakan sehingga melatih tangan dan kakinya untuk bergerak dengan luwes. Dengan begitu tangan dan kaki bayi akan mudah untuk bergerak dan merupakan cara mudah untuk melatih gerakan bayi.

  • Mainan ikat

Jenis mainan selanjutnya yang dapat dipilih adalah mainan yang bis diikat pada kaki atau tangan bayi. Jenis mainan ini mempunyai bahan yang aman untuk digunakan dan juga lembut di kulit bayi. Kelebihan dari jenis mainan ini adalah dapat untuk melatih efek refleks pada bayi sehingga dapat untuk memberikan gerakan menendang atau memegang mainan yang diikatkan pada bagian tubuhnya tersebut.

  • Mainan transportasi

Dan jenis mainan bayi yang cocok sebagai mainan edukasi untuk bayi 6 bulan adalah bentuk transportasi. Jenis mainan ini merupakan jenis yang mempunyai bentuk transportasi seperti mobil-mobilan, bus, kereta, dan juga lainnya. Pilihlah bahan yang aman seperti dari kain sehingga akan dapat digunakan oleh bayi yang umurnya baru 6 bulan. Jenis ini dapat untuk memberikan bayi mengenal warna dan juga jenis transportasi dengan mudah.

 

Be the first to comment on "Menilik Beragam Jenis Mainan Bayi yang Edukatif Usia 6 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*