Menilik Pentingnya Memberi Asupan Vitamin Bayi yang Baru Lahir Agar Dapat Berkembang dengan Sehat

Mempunyai seorang anak adalah kebanggaan sendiri bagi setiap rumah tangga, apalagi melihat anak bisa tumbuh sehat dan selalu bahagia. Tetapi buat bunda perlu diketahui pentingnya memberikan asupan vitamin bayi baru lahir supaya tetap dapat berkembang dengan sehat. Apalagi perawatan dan kebutuhan seorang bayi akan lebih banyak dari orang dewasa. Karena daya tahan tubuhnya yang masih beradaptasi dengan lingkungan akan mudah terserang penyakit. Makanya sedari kecil harus selalu diberikan asupan gizi dan vitamin yang bermanfaat bagi perkembangan buah hati.

Gizi dan vitamin untuk seorang bayi bisa dari orang tuanya atau mungkin bisa secara langsung diberikan kepada anak. Berikut ini beberapa vitamin yang dibutuhkan seorang bayi, antara lain:

  • Vitamin A.

Tidak sedikit sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat bagi seorang ibu yang masih memberikan ASI eksklusif. Selain vitamin A dapat membuat kondisi mata anak lebih sehat juga dapat menambah kekebalan tubuh bayi supaya tidak mudah terserang oleh bermacam penyakit.

  • Vitamin B.

Sebenarnya tidak hanya untuk bayi yang baru lahir saja, vitamin B juga sangat dibutuhkan sejak bayi masih dalam kandungan seorang ibu. Bermacam jenis vitamin B antara lain B1,B6,B12 dan juga B kompleks yang sangat bagus menciptakan sistem imun bayi. Selain itu juga dapat membentuk sel-sel darah dan membantu menyerang bakteri jahat yang bisa menyebabkan bayi terserang penyakit.

  • Vitamin C.

Setiap orang membutuhkan berbagai vitamin untuk menunjang kesehatan tubuhnya tidak terkecuali kebutuhan vitamin bayi yang baru lahir. Vitamin C sangat berguna untuk membantu penyembuhan infeksi luka dan juga kesehatan gigi dan mulut. Tetapi untuk bayi penggunaan vitamin ini bisa disesuaikan dengan kadar kebutuhan dan usia bayi. Mungkin bisa juga dikonsumsi seorang ibu dari berbagai macam buah seperti jeruk, tomat, beri, dan lainnya.

  • Vitamin D.

Vitamin yang penting untuk diberikan seorang bayi selanjutnya yaitu vitamin D yang bagus untuk menunjang pertumbuhan. Salah seorang ahli di Amerika memberikan saran perbanyak nutrisi baik terutama vitamin D pada bayi. Sebenarnya air susu ibu sudah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan seorang bayi. Ini yang menjadi masalah bagi mereka yang memberikan susu formula untuk bayinya harus pandai mencari asupan pemenuhan gizi bagus.

  • Vitamin E.

Pemberian vitamin E tambahan untuk bayi sangat penting karena dapat membentuk kekebalan tubuh anak sehingga memperlancar pertumbuhan dan tidak mudah terserang penyakit. Cara untuk memberikan vitamin bayi satu ini bisa dengan cara memasukan tetesan atau seperti pil yang telah dicairkan ke mulut bayi. Biasanya anak akan diberikan vitamin itu jika secara rutin melakukan imunisasi. Selain itu orang tua harus pintar untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk anak yang baru lahir.

 

Be the first to comment on "Menilik Pentingnya Memberi Asupan Vitamin Bayi yang Baru Lahir Agar Dapat Berkembang dengan Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*