Menimbang Tingkat Keamanan dan Harga Baby Walker

Baby walker memang masih menjadi primadona bagi para orangtua yang ingin melatih anak untuk berjalan. Harga baby walker yang terjangkau juga menjadi daya tarik kenapa banyak orangtua yang membelikan baby walker ini.

Baby walker memang menjadi salah satu barang yang sering dimanfaatkan para orangtua untuk membuat anak sibuk sementara orangtua melakukan pekerjaan lain karena anak bisa bebas bermain dan mengitari ruangan dengan bebas. Namun, tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli baby walker.

Pada umumnya, baby walker memiliki bentuk seperti lingkaran yang mana bayi bisa duduk di bagian tengahnya. Pada bagian bawah baby walker biasanya memiliki beberapa roda yang dapat berputar 360 derajat sehingga bayi bisa berputar-putar ke segala arah. Selain itu, pada bagian depan, juga terdapat mainan atau tombol-tombol musik yang bisa digunakan bayi untuk bermain-main.

Meski harga baby walker terbilang murah, tetap harus dipikirkan kembali, apakah baby walker ini benar-benar aman untuk bayi? Baby walker ini memiliki roda yang bisa membawa sang anak meluncur kesana-kemari sehingga anak cenderung senang. Kebahagiaan anak saat meluncur dengan baby walker ini biasanya membuat orangtua terlena sehingga lupa untuk memperhatikan bayinya. Padahal bayi yang menggunakan baby walker tidak boleh dilepas begitu saja.

Bayi yang dibiarkan menggunakan baby walker tanpa adanya pengawasan justru bisa membahayakan bayi. Bayi bisa terjungkal, terlilit kabel  yang ada di latai, bahkan bisa juga membuat anak terjungkal di bagian rumah atau lantai yang tidak rata, bahkan yang lebih berbahaya lagi, anak bisa terjungkal di tangga.

Jika dilihat dari sisi kesehatan, penggunaan baby walker juga tidak disarankan untuk bayi. Baby walker ini biasanya hanya bisa dijangkau oleh ujung kakinya saja, sehingga bayi menjadi malas untuk belajar berjalan dan ini justru akan membuat bayi lebih lama dalam bisa berjalan.

Selain itu, pembentukan tulang bayi ditakutkan tidak stabil pada bagian punggung serta tungkai kaki, dada yang terkena bagian depan baby walker juga akan membahayakan paru-paru bayi.

Ketika menggunakan baby walker, biasanya bayi tidak bisa melihat  bagian kakinya, ini bisa mengakibatkan bayi tidak bisa menjaga kesimbangannya ketika berjalan.

Oleh karena itu, sebaiknya untuk melatih anak berjalan jangan menggunakan baby walker, biarkan anak belajar berjalan secara alami, sehingga anak bisa tumbuh dengan sempurna termasuk dalam hal perkembangan tulang-tulang yang membentuk tubuhnya.

Harga baby walker yang murah dan bentuknya yang lucu memang seringkali membuat para orangtua tergoda untuk membelinya. namun, semua kekurangan baby walker pun harus diperhatikan, karena ini juga menyangkut kesehatan dan keamanan si kecil. Melihat bayi cepat berjalan memang hal yang menyenangkan, namun tetap harus sesuai dengan proses alaminya.

Be the first to comment on "Menimbang Tingkat Keamanan dan Harga Baby Walker"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*