Menjaga Kesehatan Bayi dari Hal Sederhana

Salah satu kebahagian setiap orang tua ketika melihat anaknya dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan sempurna. Perjuangan selama mengasuh anak sejak dari lahir dan mengikuti setiap perkembangannya seakan membuahkan hasil ketika melihat anak bayinya tumbuh semakin cerdas. Berbagai kebisaan yang ditunjukkan si bayi akan menjadi hiburan tersendiri bagi orang tua, yang tidak jarang akan menimbulkan ketakjuban dan gelak tawa. Namun jika anak bayinya sedang sakit atau rewel, tentu orang tua menjadi sangat cemas. Sebab bagi orang tua, kesehatan bayi merupakan hal yang paling utama. Banyak hal yang membuat orang tua begitu cemas akan kesehatan sang bayi, terutama karena daya tahan tubuh bayi belum sekuat orang dewasa, dan bayi cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Berikut ini adalah kiat-kiat sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap orang tua agar bayinya dapat tumbuh secara sehat.

Memperhatikan Suhu Kamar

Ketika bayi baru lahir, perbedaan terbesar yang dirasakan bayi adalah suhu ruangan. Selama berada di dalam kandungan, bayi merasa nyaman sebab suhunya sesuai dengan kebutuhan bayi. Ketika bayi sudah dilahirkan, bayi harus beradaptasi dengan ruangan barunya, itulah sebabnya bayi biasanya akan diletakkan di incubator terlebih dahulu sesaat setelah dilahirkan.

Setelah pulang dari rumah sakit, suhu kamar harus tetap diperhatikan oleh setiap orang tua. Kondisi ruangan yang terlalu panas akan membuat bayi tidak nyaman, begitu pula ruangan yang terlalu dingin. Sebaiknya, pilihlah kamar dengan sirkulasi udara yang bagus untuk kamar bayi, misalnya ruangan dengan jendela yang memiliki akses terhadap cahaya matahari. Memanfaatkan AC merupakan alternatif yang bisa dijadikan pilihan oleh orang tua agar suhu ruangan tetap stabil.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Tidak hanya suhu kamar yang harus diperhatikan demi menjaga kesehatan bayi, tetapi juga kebersihan kamar dan lingkungan tempat tinggal bayi secara keseluruhan. Sebelum bayi diletakkan di dalam kamar, pastikan bahwa kamar bayi tersebut bebas dari debu. Pastikan pula bahwa kamar bayi bebas dari nyamuk, sebab gigitan nyamuk akan sangat berbahaya bagi bayi. Kulit bayi yang sangat sensitif bahkan dapat melepuh atau menghitam hanya karena gigitan nyamuk.

Asupan Gizi yang Cukup

Pastikan bahwa gizi yang diberikan pada bayi cukup sesuai dengan kebutuhannya. Gizi terbarik yang harus diberikan kepada bayi, terutama bayi di bawah enam bulan, adalah ASI. Jika usia bayi sudah di atas enam bulan, maka orang tua bisa menambahkan asupan bayi dengan MPASI, misalnya bubur bayi atau buah-buahan yang dihaluskan, seperti misalnya buah pisang.

Memeriksakan Kondisi Bayi Secara Rutin

Hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan bayi adalah memeriksakan kondisi bayi secara rutin, minimal sebulan sekali, baik ke Posyandu terdekat maupun ke bidan. Dengan memeriksakan bayi secara rutin, orang tua akan mengetahui perkembangan bayi, terutama dari segi berat badannya.

 

Be the first to comment on "Menjaga Kesehatan Bayi dari Hal Sederhana"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*