Menu Makanan Sehat di Awal Kehamilan Ini Membuat Bayi Menjadi Cerdas

Trimester awal kehamilan mungkin jadi masa yang sulit dijelaskan ya. Antara senang akan memiliki buah hati, namun juga badan terasa tidak nyaman karena morning sickness. Mungkin ibu merasakan mual dan muntah hampir sepanjang hari selama 3 bulan pertama, namun ibu harus tetap semangat untuk makan makanan sehat di awal kehamilan. Hal ini penting karena golden period tumbuh kembang janin adalah pada satu bulan pertamanya dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu harus makan makanan yang bergizi serta kaya asam folat. Manfaat asam folat sendiri adalah untuk perkembangan otak janin serta organ tubuh lainnya. Jangan ragu juga untuk mengonsumsi vitamin asam folat juga. Nah, vitamin maupun makan yang mengandung asam folat juga memiliki manfaat asam folat untuk program hamil.

Mungkin ibu pernah mendengar bahwa ibu hamil harus makan dua kali lipat dari biasanya karena ada tubuh lain yang juga harus diberi makan. Namun faktanya, bukan porsinya yang dilipatgandakan, melainkan kandungan gizinya. Jika ibu makan secara berlebihan, bukannya tambah sehat, namun justru membuat tubuh menjadi kegemukan. Kegemukan ini tidak berarti bayinya akan gemuk. Justru nantinya ibu akan mengalami kesulitan saat menurunkan berat badan setelah persalinan. Nah, itulah pentingnya ibu mengetahui cara mengatur intake makanan sehat di awal kehamilan. Hal ini penting agar makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan dan tepat sasaran untuk tumbuh kembang janin.

Berikut panduan yang bisa digunakan.

Asam Folat

Biasanya usia kandungan pertama kali dideteksi pada usia kandungan 4 minggu. Janin yang ada dalam kandungan ukurannya masih sangat amat kecil. Nah, pada awal terdeteksi ini, sangat baik jika ibu mengonsumsi vitamin asam folat dengan kandungan minimal 400 mcg. Asam folat ini sangat penting untuk mempersiapkan rahim serta mengurangi risiko cacat pada janin.

Asam folat juga tidak hanya tersedia dalam bentuk vitamin siap minum, melainkan juga terdapat dalam bahan makanan sehari hari. Bahan makanan yang mengandung asam folat tinggi yang baik dikonsumsi ibu hamil antara lain adalah brokoli, sawi, kacang-kacangan, alpukat, gandum, sereal, jagung, dan lain lain.

Selama awal kehamilan terutama pada 1 bulan pertama, makanan yang dikonsumsi ibu sebisa mungkin terpenuhi dengan gizi seimbang. Tips 4 sehat 5 sempurna masih bisa diterapkan untuk pola konsumsi setiap hari. Pemenuhan karbohidrat juga tidak hanya dari nasi (karena mungkin pada trimester awal terasa sangat mual), jadi ibu bisa menggantinya dengan kentang, roti, atau sereal gandum.

Untuk proteinnya pun, sebisa mungkin konsumsi makanan yang tinggi protein seperti telur, ayam, ikan, atau pun tahu tempe. Untuk kebutuhan serat, jangan lupakan buah dan sayur. Buah dan sayur ini penting agar ibu tidak mengalami konstipasi. Terakhir, konsumsi susu hamil maupun produk turunannya seperti keju dan yoghurt.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan untuk mengatur gizi ibu hamil. Yang pertama, karena tingginya intensitas mual dan muntah, usahakan jangan makan dalam porsi besar sekaligus untuk mengurangi rasa mual. Ibu bisa makan dalam porsi yang kecil namun dilakukan sering. Makan tetap tiga kali sehari, namun dengan dua kali waktu cemilan atau makanan ringan. Perbanyak porsi sayur dan buah dibandingkan dengan karbohidrat.

Ada pun pantangan makanan bagi ibu hamil antara lain mengonsumsi makanan yang mentah atau tidak matang sempurna, karena hal ini dapat menyebabkan transmisi penyakit dan bakteri dari bahan makanan ke janin. Kemudian hindari untuk mengonsumsi kafein dan alkohol. Terakhir, untuk pemenuhan kebutuhan cairan tubuh, ibu harus minum air minimal 8 gelas setiap hari.

Be the first to comment on "Menu Makanan Sehat di Awal Kehamilan Ini Membuat Bayi Menjadi Cerdas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*