Home Mom Merasakan Gejala Tipes Berikut Ini? Yuk Segera Cek Dokter!

Merasakan Gejala Tipes Berikut Ini? Yuk Segera Cek Dokter!

by Erin Nuzulia
gejala tipes 1

Anda merasa demam, lemas, dan sakit perut? Waspada ini bisa jadi gejala tipes yang umumnya ditemukan. Bagi orang Indonesia, tipes atau demam tifoid adalah salah satu penyakit yang umum terjadi baik bagi anak-anak maupun dewasa. Penyebab tipes yaitu bakteri Salmonella typhi yang biasanya ada di dalam air yang terkontaminasi dengan kotoran atau menempel pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Jika daya tahan tubuh menurun ditambah dengan pola makan dan higienitas yang tidak terjaga, aka Anda bisa jadi mengalami gejala tipes. Oleh karena itu, Anda perlu mewaspadai kondisi kesehatan Anda jika menemukan gejala tipes karena jika tidak segera diobati maka kondisinya akan semakin parah. Berikut ini beberapa gejala tipes yang umumnya ditemukan :

Merasakan Gejala Tipes Berikut Ini? Yuk Segera Cek Dokter!

  1. Demam

Demam merupakan gejala tipes yang paling sering terjadi yang merupakan hasil dari proses peradangan dalam tubuh yang dipicu kerja sistem imun saat melawan infeksi bakteri Salmonella Typhii. Pada awalnya Anda mungkin hanya merasakan suhu tubuh sedikit meningkat, namun sedikit demi sedikit suhu tubuh Anda akan meningkat terus hingga bisa mencapai 40º Celsius. Untuk langkah pengobatan awal, Anda bisa mengompres dengan menggunakan air dingin atau menggunakan produk pengompres demam seperti Bye Bye Fever.

  1. Mudah Berkeringat

gejala tipes 3

Seiring dengan bertambahnya suhu tubuh akibat demam, Anda akan merasa panas dan berkeringat sangat banyak. Meskipun Anda tidak bergerak aktif, namun Anda akan terus berkeringat. Sebenarnya keringat ini merupakan mekanisme tubuh untuk mengembalikan suhu normal saat tubuh terasa panas. Jika Anda merasa mudah berkeringat, sebaiknya segera ganti baju agar Anda merasa nyaman.

  1. Mudah Lemas

Selain demam dan mudah berkeringat, gejala tipes lainnya yaitu tubuh terasa lemas. Hal ini diakibatkan karena pada saat tipes biasanya penderita akan diare sehingga membuang banyak cadangan cairan dan elektrolitnya lewat feses serta keringat. Alhasil ini menyebabkan tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga.

  1. Gangguan pencernaan

Bakteri Salmonella Typhii memang paling utama menyerang sistem pencernaan. Maka tak heran jika Anda mengalami diare atau sembelit. Usus yang terinfeksi bakteri tidak mampu mencerna makanan dengan baik, sehingga membuat proses penyerapan air ikut terganggu. Oleh karena itu, biasanya orang yang mengalami gejala tipes sering buang air besar dan biasanya fesesnya berbentuk cair.

  1. Sakit perut

gejala tipes 4

Bukan hanya diare saja, gejala tipes yang menyerang pencernaan lainnya yaitu sakit perut yang hebat. Perut akan terasa melilit sehingga penderita akan sangat tersiksa. Sakit perut ini disebabkan karena sistem pencernaan meminta bantuan otak untuk memicu otot usus berkontraksi supaya feses dapat segera dikeluarkan.

  1. Kurang Nafsu Makan

Rasa sakit perut dan diare terkadang memicu penderita untuk muntah sehingga tidak makanan atau minuman apapun yang dikonsumsi akan keluar lagi. Selain itu, diare juga membuat pencernaan sulit mencerna makanan. Alhasil nafsu makan akan menurun sehingga berat badan pun ikut turun. Menurunnya nafsu makan ini merupakan bentuk respons tubuh saat sistem imun melawan bakteri penyebab infeksi. Saat melawan bakteri ini, otak melepaskan zat-zat peradangan yang memberikan sinyal ke sistem saraf pusat untuk memicu pelepasan leptin yang merupakan hormon yang dapat menekan nafsu makan.

  1. Sakit kepala

Bukan hanya menyerang sistem pencernaan, gejala tipes berupa demam juga biasanya diiringi dengan rasa sakit kepala. Hal ini terjadi demam dapat memicu pelepasan zat-zat kimia peradangan yang dapat memicu sakit kepala.

Baca Juga:   6 Hal yang Harus Bunda Perhatikan Ketika akan Membeli Sepeda Anak

Selain gejala-gejala tipes secara umum di atas, Anda juga perlu mewaspadai gejala tipes pada anak. Apa saja gejala tipes pada anak? Langsung cek di https://review.bukalapak.com/mom/gejala-tipes-pada-anak-102367.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More