Merawat Bayi Kembar Tidak Sesulit yang Dibayangkan, Terapkan 7 Cara Ini!

Mendapatkan momongan pastinya menjadi hal yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh pasangan bukan, hanya saja sayangnya ketika sudah dianugerahi hal tersebut, maka proses perawatannya tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi bagi orang tua muda dan juga baru. Merawat bayi tidak bisa dilakukan dengan seenaknya, mengingat hal ini akan sangat berhubungan dengan pertumbuhan mereka kedepannya. Satu hal yang harus diingat bahwa perawatan harus tetap dilakukan dengan prosedur yang tepat, sehingga bayi bisa selalu sehat dan tumbuh normal.

Terkadang untuk merawat satu orang buah hati saja susah, apalagi untuk pasangan yang diberikan lebih dari satu momongan, yaitu bayi kembar, baik itu dua maupun tiga. Hal ini tentunya akan jauh lebih sulit dibandingkan dengan yang sudah diperkirakan. Lalu bagaimana langkah terbaik untuk merawat bayi kembar agar kedua-duanya mendapatkan kasih sayang yang sama rata secara adil, berikut ini yang harus diketahui:

  1. Terapkan terlebih dahulu jadwalnya, sangat penting untuk membuat jadwal sehingga tidak semuanya keteteran, mulai dari waktu mereka mandi, makan dan juga tidur, mengingat dua orang bayi terkadang tidak memiliki kebiasaan yang sama, sehingga orang tua yang harus lebih disiplin.
  2. Sebaiknya susui atau beri makan di saat bersamaan, khusus untuk proses menyusui ini memang lebih dianjurkan dilakukan secara bersama-sama karena selain lebih efektif nyatanya juga memicu asi untuk diproduksi lebih banyak.
  3. Memandikan bisa dilakukan secara bersamaan ketika buah hati sudah bisa duduk sendiri, khusus untuk proses memandikan si kecil hendaknya juga harus diperhatikan, biasanya ketika baru lahir mau tidak mau harus mendapatkan satu asisten tambahan untuk membantu memandikannya, satu memandikan sedangkan satu diantaranya mengganti baju, namun ketika sudah memasuki usia lebih dari 5 bulan maka untuk memandikan bisa dilakukan bersamaan, karena si kecil juga sudah bisa duduk.
  4. Gunakan tempat tidur yang sama berjejeran, hal ini bisa sangat bagus untuk bunda ketika ingin menemani ataupun mengecek kondisi si kecil karena bisa dilakukan secara langsung, selain itu untuk kedua anak akan terbentuk ikatan yang kuat.
  5. Pastikan untuk menemukan perbedaan mereka, tidak hanya mengenali, melainkan harus tau apa saja yang menjadi perbedaan dari kedua buah hati tersebut.
  6. Usahakan untuk membelikan semua hal yang sama, mulai dari pakaian ataupun mainan, takutnya salah satu diantaranya akan iri dengan saudara.
  7. Jika tidak mampu maka harus melibatkan orang lain, diantaranya adalah suami jika memang sempat, keluarga ataupun menggunakan baby sitter.

Nikmati saja saat merawat bayi kembar ini, meskipun terkadang melelahkan dan tidak memungkiri juga jika mendapatkan 2 anak sekaligus membuat pengeluaran juga jadi lebih besar dari normalnya.

 

Be the first to comment on "Merawat Bayi Kembar Tidak Sesulit yang Dibayangkan, Terapkan 7 Cara Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*