Merawat Bayi Khususnya Perawatan Tali Pusarnya

Setelah sembilan bulan mengandung dan melahirkan, tugas ibu selanjutnya adalah merawat bayi dengan baik dan benar. Bayi yang baru dilahirkan kondisinya masih sangat rentan, kulitnya masih tipis dan sensitif, itu sebabnya pengetahuan merawat bayi harus bunda kuasai.

Bagi orang tua yang baru memiliki anak, merawat bayi bukanlah hal yang mudah, terutama bagian tali pusarnya. Seringkali muncul rasa waswas dan takut jika malah membuatnya terluka. Namun, jangan khawatir dengan mencari informasi seputar perawatan tali pusar bayi yang baru dilahirkan, demi sedikit Anda dapat merawat dan mengatasinya dengan baik.

Nah dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tersebut. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Perawatan Tali Pusar

Bayi yang baru dilahirkan kondisi tali pusarnya masih basah. Itu sebabnya diperlukan perawatan khusus untuk menyembuhkannya, mengeringkannya dan menjaga agar tidak terjadi infeksi. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk melindungi tali pusar bayi Anda.

  • Pada saat mengganti popok perhatikan dengan seksama tali pusarnya. Seka dengan lembut dan bersihkan di sekelilingnya dari serpihan pelembab, bedak yang sudah kering. Gunakan kapas untuk membersihkannya, Anda jangan khawatir akan melukai bayi Anda karena bagian tali pusar tidak perlu dibersihkan, hanya sekelilingnya saja.
  • Biarkan udara menjangkau tali pusarnya, karena ini akan membuatnya lebih cepat kering.
  • Hindari popok melekat di atas pusar, Anda bisa melipat popok ke bawah pusar. Jika menggunakan popok sekali pakai bisa potong bagian atasnya.
  • Biarkan tali pusar potong dengan sendirinya. Tali pusar lebih cepat kering jika dikeringkan secara alami dibandingkan dengan menggunakan alkohol.
  • Bayi yang lahir tali pusarnya ada yang bawaannya ke dalam ada juga yang bawaannya ke luar. Beberapa orang tua mencoba menutupi tali pusarnya dengan membungkus koin dengan kain/ kasa pembalut lalu menutup bagian tali pusarnya agar ke bawah. Hal ini tidak disarankan karena jika tidak berhasil dikhawatirkan menyebabkan iritasi.
  • Jika baru dilahirkan bayi masih memiliki tali pusar, cara memandikannya lebih baik pakai spons/ waslap, dengan cara dilap dengan perlahan dan lembut dibandingkan harus memandikannya di bak mandi. Baru setelah tali pusarnya lepas, Anda bisa memandikannya ke dalam bak mandi.

Tanda Tali Pusar Terkena Infeksi

Apabila tali pusar terdapat cairan nanah berwarna kuning, berbau menyengat dan disekitar area pusar bengkak dan berwarna merah artinya pusar bayi terkena infeksi. Jika demikian disarankan segera membawanya ke dokter atau bidan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi seputar merawat bayi yang baru lahir, khususnya perawatan tali pusar yang benar. Semoga artikel ini dapat menambah informasi, pengetahuan dan semoga bermanfaat!

Be the first to comment on "Merawat Bayi Khususnya Perawatan Tali Pusarnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*