Merawat Bayi Laki-laki Berbeda dengan Perempuan, Kenali Dulu Caranya!

Banyak yang mengatakan bahwa merawat bayi laki-laki tergolong jauh lebih mudah dibandingkan dengan bayi perempuan. Padahal sebenarnya tidak, entah itu anak laki-laki maupun perempuan sama saja. Ada kalanya perempuan lebih mudah dirawat, namun juga bisa jadi sebaliknya, tergantung dari pembawaan dari keduanya. Perawatan bayi pada dasarnya memang sama saja, bunda harus melakukan hal yang terbaik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Kesehatan mereka juga ada di tangan bunda.

Beberapa diantara orang tua umumnya memiliki kebiasaan merawat yang didasarkan pada cara tradisional atau turun temurun, padahal sebenarnya ada banyak sekali langkah perawatan tradisional atau turun temurun ini yang salah kaprah, misalnya adalah pemberian gurita pada bayi yang dianggap akan membentuk struktur tulang mereka menjadi lebih baik, padahal sebaliknya hal ini hanya akan membuat buah hati kesulitan dalam bernapas, juga menyebabkan rasa sakit pada bagian dada. Tentunya akan sangat membahayakan bukan.

Untuk itulah pastikan mengetahui langkah atau cara terbaik dalam perawatan yang lebih sehat, bukan lagi berasal dari tradisi, melainkan lebih mengutamakan pada cara berfikir yang modern. Agaknya berikut ini ada beberapa tips merawat bayi laki-laki yang aman dan tepat yang wajib diperhatikan:

  1. Pastikan untuk mengetahui cara membersihkan organ intimnya dengan tepat. Umumnya bayi lelaki memang memiliki bagian kulit luar penis yang keras dan juga kuat, sehingga jangan asal tarik saja karena hal ini akan menimbulkan rasa sakit pada mereka. Bersihkan dengan air yang mengalir kemudian disela menggunakan kain yang bersih. Namun ketika sudah memasuki usia balita maka kulit luar kemaluan akan mulai mengendur sehingga lebih mudah membersihkannya tanpa harus ditarik secara paksa.
  2. Kenali kelainan-kelainan yang mungkin terjadi, hal ini juga patut menjadi perhatian, mengingat bunda terkadang kurang mengetahui jika ada masalah yang berkaitan dengan bagian genital mereka, misalnya pada ukuran yang tidak normal. Untuk itu sebaiknya bunda langsung membawanya ke dokter ahli, sehingga tidak menimbulkan masalah hingga mereka besar nantinya.
  3. Belikan mainan khusus anak laki-laki, jangan salah karena dari mainan ini ternyata amat sangat mempengaruhi kondisi psikis mereka, tentunya tidak asing lagi dengan kemungkinan terjadinya masalah pada pergaulan si kecil, hal ini sebenarnya sangat berkenaan dengan perawatan mereka sejak dini, membelikan mainan yang tidak sesuai dengan jenis kelamin bisa mempengaruhi hal ini.
  4. Libatkan suami dalam perawatannya, ini sangat penting untuk membuat buah hati menjadi anak yang tangguh karena dirawat oleh orang yang tepat.

Bukan hal yang sulit merawat bayi laki-laki, namun cara tersebut tentunya kurang cocok diterapkan pada bayi perempuan, untuk itu ketahui juga perawatan pada anak perempuan yang tepat.

 

Be the first to comment on "Merawat Bayi Laki-laki Berbeda dengan Perempuan, Kenali Dulu Caranya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*