Merawat Bayi Laki-laki Ternyata Berbeda dengan Bayi Perempuan, Ini Dia Letak Perbedaannya!

Merawat Bayi Laki-laki Ternyata Berbeda dengan Bayi Perempuan, Ini Dia Letak Perbedaannya!

Merawat bayi terutama anak yang baru lahir memang tidaklah mudah. Hal tersebut dikarenakan mereka sangatlah rapuh, kulit dan juga organ mereka semuanya rentan terluka dan terjadi infeksi. Ditambah, pembentukan tulang pada tubuh mereka masih belum sempurna sehingga tulang mereka akan terasa lunak dan juga terlihat mudah patah. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa merawat bayi menjadi sulit dan butuh ekstra hati-hati. Selain itu, ternyata merawat bayi perempuan dan juga merawat bayi laki-laki tidaklah mempunyai cara yang sama, melainkan sangat berbeda. Mereka masing-masing memiliki sesuatu yang harus diperhatikan, namun sangat berbeda. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika merawat si jagoan kecil:

Merawat Bayi Laki-laki Ternyata Berbeda dengan Bayi Perempuan, Ini Dia Letak Perbedaannya!

  • Membersihkan Kemaluan

Hal pertama yang harus sekali diperhatikan adalah ketika sedang membersihkan kemaluan atau organ intim bayi. Akan lebih baik jika membersihkannya secara perlahan agar kulit luar kemaluannya yang kencang tidak akan merasa sakit. Jangan menariknya dengan terlalu kencang, namun basuhlah dengan perlahan menggunakan kapas yang sudah dibasahi atau dengan menggunakan air yang mengalir. Setelahnya, Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan handuk kering yang lembut. Lakukan hal ini ketika sedang memandikan sang bayi.

  • Mengetahui jika Adanya Kelainan

Memang jika Anda seorang ibu, maka biasanya kurang begitu paham dengan bentuk kemaluan dari si jagoan kecil Anda. Namun, hal ini harus diperhatikan karena bisa saja bayi laki-laki Anda memiliki bentuk kemaluan yang tidak normal. Ada beberapa kasus bayi yang mengalami kelainan sejak dari lahir seperti ukurannya yang sangat kecil da nada pula yang memiliki kelainan pada lubang saluran buang air kecil mereka. Masih banyak kelainan yang lainnya. Agar menjaga si kecil tetap tumbuh sehat, Anda harus memperhatikannya dan segeralah bawa ke dokter agar bisa segera diobati.

  • Mainan Khusus Laki-laki

Ada penelitian yang mengatakan bahwa ketika masih bayi, mereka belum sadar apa jenis kelamin mereka atau apa gender mereka. Untuk itu, ada baiknya Anda mulai memperkenalkannya sejak mereka masih berusia dini. Anda bisa memberikan beberapa mainan laki-laki yang tentunya aman untuknya seperti mobil-mobilan, robot-robotan, dan lain sebagainya. Perkenalan tersebut mampu membuat mereka mengenal dirinya sendiri. Selain itu, jangan perlakukan anak Anda sebagai perempuan yang terlalu dimanja dan dipasangkan segala yang lucu-lucu.

Baca Juga Bayi Laki-laki Atau Perempuan? Inilah Mitos dan Fakta Terkait Jenis Kelamin Bayi Selama Masa Kandungan!

  • Libatkan Sang Ayah

Yang harus Anda lakukan ketika sedang merawat bayi laki-laki adalah dengan mengusahakan bahwa apa saja yang dilakukan untuk mereka harus melibatkan sang ayah. Akan lebih baik jika mereka menghabiskan waktu lebih banyak bersama. Hal ini dikarenakan agar sang bayi mempunyai jiwa yang tangguh dan juga membuatnya mempunyai karakter yang sangat kelaki-lakian. Usahakan untuk sang ayah dapat merawat si kecil setiap hari walau hanya sebentar saja.

Be the first to comment on "Merawat Bayi Laki-laki Ternyata Berbeda dengan Bayi Perempuan, Ini Dia Letak Perbedaannya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*