Merawat Perlengkapan Bayi Jenis Baju dengan Aman dan Mudah, Berikut Kiatnya!

Berbicara mengenai perlengkapan bayi maka Kita akan berkenalan dengan lebih banyak kebutuhan tumbuh kembang si kecil. Salah satunya adalah baju bayi, yang ternyata termasuk ke dalam daftar kebutuhan utama menyambut kehadiran buah hati. Pakaian bayi hadir dengan ukuran yang mungil dan menggemaskan, beberapa bahkan hadir dengan desain yang sangat menarik. Harga baju bayi memang bervariatif, pastikan memilih harga yang sesuai dengan budget.

Merawat Baju Bayi Adalah Hal Penting

Setelah memilih baju bayi yang dianggap atau dinilai terbaik bagi si kecil, tentu selanjutnya Kita perlu memikirkan bagaimana merawatnya. Mengapa penting untuk diketahui? Alasannya beragam, sebab dengan baju yang mahal jika salah perawatannya. Sudah tentu akan membuatnya tidak nyaman ketika dikenakan oleh tubuh si kecil yang rapuh dan sensitif. Meskipun murah asalkan dirawat dengan tepat akan membuatnya melindungi si kecil secara maksimal. Kira-kira, sudahkah Anda merawat baju buah hati dengan benar?

Teliti saat Mencuci Baju Si Kecil

Baca juga : Kenali Beberapa Peralatan Bayi yang Perlu Diprioritaskan saat Menyambut Kehadiran Si Kecil

Salah satu perawatan yang penting untuk diperhatikan ialah pencucian baju kotor si kecil, yang ternyata tidak boleh sembarangan. Pencucian harus bersih maksimal namun perlu memperhatikan beberapa hal pokok berikut:

  1. Teliti dalam memilih detergen,

Mencuci semua baju dan popok bayi memang perlu bersih secara maksimal, noda yang tertinggal bisa memicu alergi seperti gatal atau ruam. Meski harus bersih bukan berarti memakai detergen mahal dengan takaran yang diperbanyak.

Detergen yang digunakan untuk mencuci baju bayi dan beberapa perlengkapan bayi lainnya sebaiknya dipilih secara khusus. Baju bayi yang harus bersih maksimal meski sudah bebas noda, namun ada sisa detergen yang tertinggal sama berbahayanya. Maka pastikan memilih detergen yang memang dikhususkan untuk mencuci baju pada bayi dan anak-anak. Cara aman lain adalah mencari detergen keluarga berisi cair yang bebas residu tertinggal saat dibilas.

  1. Teknik mencuci sesuai bahan baju,

Baju bayi yang kotor per harinya tentu jumlahnya sangat banyak, melebihi baju kotor kedua orangtuanya. Mayoritas orangtua zaman sekarang memilih cara praktis dengan mencuci menggunakan mesin supaya tidak perlu repot-repot mengucek. Mencuci menggunakan mesin memang bukanlah pilihan yang salah, hanya saja harus disesuaikan dengan bahan pada baju tersebut. Apabila bahan bajunya tergolong rapuh atau mudah melar sebaiknya dicuci dengan cara manual. Selain lebih tahan lama justru pencucian manual bisa membersihkan noda lebih maksimal karena dikucek pada area yang kotor.

  1. Ada baiknya memakai air hangat,

Baju bayi biasanya berisi noda dan kotoran dari tubuhnya sendiri, yakni dari noda pop atau noda air kencingnya sendiri. Dalam sehari bisa jadi Kita akan mencuci beberapa pasang baju dan lusinan popok kain sekaligus. Meski bukan noda yang membandel, tetap saja ketika dicuci sembarangan membuat nodanya tertinggal sehingga berbahaya bagi kesehatan kulit si kecil. Ada baiknya menggunakan air hangat bersuhu sekitar 30-40 derajat untuk mengusir semua kuman dan noda lebih mudah.

  1. Dicuci secara terpisah,

Pencucian semua baju bayi sebaiknya disortir berdasarkan noda yang ada pada baju tersebut, pisahkan baju kena ompol dan kotoran pop. Kotoran pop sebaiknya dibuang dahulu, kemudian popok dan baju yang terkena noda segera dicuci jangan diinapkan. Apabila memungkinkan semua baju bayi ketika ia tertidur segera dicuci supaya noda tidak memancing kuman untuk hinggap. Pencucian yang tepat pada perlengkapan bayi jenis baju akan membuat bayi nyaman sekaligus sehat dan bahagia.

Be the first to comment on "Merawat Perlengkapan Bayi Jenis Baju dengan Aman dan Mudah, Berikut Kiatnya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*