Miliki Stock ASI dengan 4 Tips Berikut Ini!

Miliki Stock ASI dengan 4 Tips Berikut Ini!

Menikmati pengalaman menjadi seorang ibu kemudian disibukkan dengan kegiatan menyusui memang memberikan kebahagiaan tersendiri. Berbicara mengenai pembahasan menyusui memang selalu menarik untuk dilakukan, sebagian besar ibu tentu berharap bisa memberikan ASI secara utuh. Namun karena satu dan lain hal pemberian air susu tersebut tentu mengalami hambatan, dan baiknya ibu tidak perlu putus asa. Sebab bisa digantikan dengan susu formula yang tentunya tetap mendukung tumbuh kembang buah hati, jadi tidak perlu khawatir pemberiannya tidak lebih baik dari air susu ibu.

Tips Punya Stock Air Susu Ibu

Bagi ibu yang kebetulan berbenturan dengan jadwal dinas dari kantor tentunya keperluan menyusui akan mendapati hambatan. Akan tetapi ibu bisa mencoba menyediakan stock air susu ibu di rumah yang kini sudah mulai ditekuni oleh banyak wanita karir. Supaya lancar maka produksinya pun wajib maksimal, dan berikut tips agar stoknya bisa cukup atau malah berlimpah:

  • Tetap jaga frekuensi memerah air susu ibu,

Kesibukan kerja di kantor membuat kegiatan menyusui secara langsung akan berkurang frekuensinya. Namun baiknya jangan diam saja, bawalah perlengkapan memerah air susu ibu ke kantor sehingga di jam istirahat bisa tetap menyediakan air susu bagi si kecil.

  • Berikan pijatan lembut sebelum memerah,

Merangsang produksi atau keluarnya ASI agar bisa berlimpah, atau paling tidak mencukupi kebutuhan anak di rumah maka sebelum memerah lakukan pijatan ringan. Pijatan ringan ini dilakukan di area sekitar payudara ibu untuk membantu memperlancar keluarnya air susu. Tindakan ini jika dilakukan secara teratur maka secara alami air susu akan mengalami peningkatan kuantitas, sehingga meski sibuk di kantor persediaan air susu bagi anak tetap ada.

Baca juga: Prosedur Pembuatan dan Penyimpanan Asi Perah untuk Ibu yang Sibuk Bekerja

  • Gunakan perlengkapan yang memadahi,

Sebenarnya untuk memerah air susu ibu bisa dengan tangan kosong, yakni menggunakan jempol dan ibu jari yang sudah disterilkan dengan cuci tangan terlebih dahulu. bisa memanfaatkan wadah apapun untuk menampung air susu yang telah keluar sayangnya metode manual ini cenderung lama dan menyakitkan. Ada baiknya beralih ke penggunaan perlengkapan memerah air susu ibu, baik yang manual maupun elektrik supaya bisa lebih cepat.

  • Berpikir positif dan rajin menjaga pola makan,

Untuk menjaga kestabilan ataupun meningkatkan produksi air susu ibu sebenarnya cukup dengan berpikir positif. Hindari semua pikiran negatif dan stress sehingga belajar dari sekarang untuk mengelola stress tersebut. Lalu jaga betul-betul pola makan dan minum Anda untuk senantiasa mengkonsumsi makanan bermutu tinggi. Tidak melulu harus sayur dan buah organik, Anda bisa berbelanja aneka sayur dan buah segar ke pasar tradisional. Lebih murah namun tetap mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga ASI semakin berlimpah.

Be the first to comment on "Miliki Stock ASI dengan 4 Tips Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*