Orang Tua Harus Memperhatikan Jadwal Pemberian Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan pendamping ASI atau yang sering disebut MPASI adalah makanan pendukung yang boleh diberikan kepada bayi setelah usia 6 bulan. Bayi berusia 6 bulan dirasa sudah mampu makan makanan pendukung selain ASI. Untuk itu, usia 6 bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI. Makanan pendamping ASI yang boleh diberikan adalah makanan yang mempunyai sifat lembut sehingga mudah dicerna oleh pencernaan baik. Contoh dari MPASI adalah pisang atau ubi yang dihaluskan, bubur, dan biskuit khusus bayi.

Bagi orang tua hendaknya mengatur jadwal pemberian makanan bayi usia 6 bulan yaitu dua kali sehari. Usahakan jangan memberikan makanan pendukung dengan berlebihan karena bayi masih sangat membutuhkan ASI sebagai sumber kalori utama. Saat berusia 6 tahun bayi sudah mampu duduk tegak dan bisa menyangga kepala dengan sempurna. Pada usia ini bayi akan mempunyai kemampuan menutup mulut apabila disodori sendok yang berisi makanan. Bayi akan menggerakan lidahnya kedepan dan kebelakang yang akhirnya menelan makanan tersebut.

Untuk itu pemberian mpasi pada usia 6 bulan merupakan waktu yang sangat tepat. Pada usia ini saluran pencernaan bayi juga mulai berkembang sehingga membutuhkan nutrisi tambahan untuk membantu proses tumbuh kembang bayi. Pemberian mpasi pada bayi tidak boleh sembarangan, sebagai orang tua anda harus bisa mengatur jadwal mpasi 6 bulan untuk bayi anda. Berikut adalah jadwal pemberian mpasi untuk bayi usia 6 bulan:\

1. Tahap pertama

Tahap ini adalah tahap perkenalan atau penyesuaian dimana tahap ini merupakan waktu pertama kali bayi makan. Pada tahap ini berikan makanan pendamping asi pada bayi anda satu kali sehari sebanyak dua sendok. Pada tahap awal ini anda bisa mencampurkan mpsasi dan asi dengan perbandingan satu sendok teh mpasi dan satu sendok teh asi. Perbandingan dapat ditingkatkan pada hari selanjutnya dengan 1 sendok makan mpasi dan satu sendok makan asi.

2. Tahap kedua

Setelah masa pengenalan dan bayi sudah mulai adaptasi dengan makanan anda bisa menambahkan jadwal makan yaitu dua kali atau tiga kali dalam sehari sebanyak dua sendok makan. Pastikan makanan tersebut memiliki tekstur yang sangat lembut agar mudah dicerna oleh tubuh.

3. Tahap ketiga

Pada tahap ini, anda bisa memberikan mpasi sebanyak empat kali hingga lima kali sehari. Lima kali adalah jumlah yang maksimal untuk bayi usia 6 bulan dimana bayi masih membutuhkan asi sebagai sumber kalori. Jangan sampai, makanan pendamping asi mengurangi asupan asi yang diperlukan untuk tubuh bayi. Setiap harinya bayi bisa mengonsumsi makanan sebanyak 480 gram atau setara dengan dua cangkir sesuai kemampuanya. Jangan berikan makanan melebihi jumlah tersebut setiap harinya meskipun bayi anak sangat menyukai makanan tersebut.

 

Jangan pernah juga memaksa bayi anda untuk makan melebihi kemampuannya karena ini akan menyebabkan masalah percernaan pada bayi. Selain makanan seperti bubuk dan pisang atau ubi rebus yang dihaluskan, anda bisa memberikan jus buah pada bayi anda. Dalam pemberian jus buah, anda harus membuat jus buah sendiri. Anda bisa memberikan jus buah murni tanpa tambahan gula dan bersifat kental dengan takaran 120 ml setiap hari. 120 ml merupakan takaran maksimum jus yang dapat diberikan kepada bayi setiap harinya.

Demikian adalah jadwal pemberian makanan bayi usia 6 bulan yang benar. Untuk informasi lebih jelasnya anda bisa mengunjungi situs https://review.bukalapak.com/mom/mau-mencoba-ubi-jalar-untuk-menu-mpasi-bayi-ini-7-keunggulannya-52962.

Be the first to comment on "Orang Tua Harus Memperhatikan Jadwal Pemberian Makanan Bayi Usia 6 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*