Pahami Kemampuan Berbahasa Balita Sesuai dengan Usianya

Pahami Kemampuan Berbahasa Balita Sesuai dengan Usianya

Tumbuh kembang anak menjadi fokus utama bagi orang tua. Terutama mereka yang sedang berada di masa keemasan, orang tua harus memperhatikan, apakah buah hati termasuk dalam kategori normal. Bagi orang tua, salah satu yang paling ditunggu dari anak balita adalah kata pertama yang bisa diucapkannya dan ketika ia mulai bisa berbicara dengan beberapa kosakata. Anda mungkin akan khawatir jika pada usia tertentu yang seharusnya ia sudah berbicara tetapi ternyata belum menunjukkan perkembangan yang semestinya.

Teliti Terhadap Perkembangan Bahasa Anak

Dalam kondisi ini, Anda sebagai orang tua harus mengetahui apa penyebab lambatnya kemampuan anak Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, bisa saja memang anak Anda yang masih balita belum sampai pada tahapan perkembangan ini. Umumnya, anak yang berkembang di lingkungan dengan dwi bahasa sering mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa dan mungkin hal inilah yang menyebabkannya sedikit terlambat untuk bisa berbicara.

Pahami Kemampuan Berbahasa Balita Sesuai dengan Usianya

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Terkait Perkembangan Bahasa Anak

Perkembangan Balita dalam berbahasa tidak sama antara anak yang satu dengan yang lainnya. Namun jika Anda merupakan orang tua yang teliti, ada beberapa patokan yang bisa Anda jadikan sebagai dasar untuk menilai kemampuan berbicara putra atau putri Anda sesuai dengan usia yang dimilikinya. Beberapa hal yang bisa Anda jadikan dasar untuk menentukan apakah kemampuan berbicara anak Anda  sesuai usianya, antara lain:

  1. Usia 3 bulan, Anak mulai mengeluarkan suara namun belum memiliki arti. Ia juga sudah mampu mendengar dan mengenali suara di sekitarnya. Anak juga biasanya menangis sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Usia 6 bulan, anak bisa berucap dengan suka kata yang belum memiliki arti namun sudah cukup jelas. Ia juga sudah bisa memiliki ekspresi serta bisa menoleh ke sumber suara yang didengarkannya.
  3. Usia 9 bulan, ia sudah bisa memahami beberapa kata seperti ya atau tidak serta sudah bisa menggunakan nada suara yang lebih luas.
  4. Usia 12 bulan, anak biasanya bisa mengucapkan mama atau papa serta bisa mengucapkan kata yang Anda ucapkan. Ia bisa memahami beberapa perintah dan sudah bisa mengenali benda.
  5. Usia 18 bulan, usia anak yang sudah bisa mengulang kata yang Anda ucapkan dan menunjuk benda yang Anda sebutkan. Ia sudah bisa mengucapkan beberapa kata dasar.
  6. Usia 24 bulan, dimana anak bisa mengucapkan kurang lebih 50 kata dan bisa berkomunikasi dengan dua suku kata.
  7. Usia 3-5 tahun umumnya anak sudah bisa berbicara cukup panjang dan bisa memahami perintah yang lebih banyak dari pada sebelumnya.

Baca juga  Apa yang Menjadi Penyebab Perkembangan Bayi Abnormal Atau Lambat?

Dari usia dan kemampuan berbahasa pada balita di atas, bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk menilai dan mencari cara mengembangkan bahasa pada buah hati.

Be the first to comment on "Pahami Kemampuan Berbahasa Balita Sesuai dengan Usianya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*