Pahami Posisi Tidur Bayi yang Nyaman dan Aman

Pahami Posisi Tidur Bayi yang Nyaman dan Aman

Tidur bayi berkualitas merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan bagi bayi. Bagi bayi yang berusia empat sampai tujuh bulan, waktu tidur paling maksimal yang dibutuhkan adalah 15 jam. Lamanya waktu tidur si kecil membuatnya sering tidur dengan berbagai posisi, seperti tidur telentang, tengkurap atau bahkan tidur dalam posisi miring. Sayangnya beberapa orang tua membiarkan bayi merek tidur dalam posisi miring padahal posisi tersebut tidak diperbolehkan untuk keamanan bayi sendiri.

Pahami Posisi Tidur Bayi yang Nyaman dan Aman

  • Posisi Tidur Miring dan Terlentang

Penelitian menujukkan jika tidur posisi miring yang tak jarang berakhir dengan posisi tengkurap membuktikan akan meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS. Pasalnya dalam posisi tengkurap bisa menyebabkan wajah bayi yang dekat dengan kasur membuatnya mengalami kesulitan bernapas selama tidur. Oleh karena itu, usahakan tidur bayi  dalam posisi terlentang, bukan pada posisi miring atau bahkan sampai terlentang.

Selain itu, tidur dengan posisi tidur bayi tengkurap membuat wajah bayi terlalu dekat dengan seprei bisa mengakibatkan si kecil menghirup udara yang sama sehingga tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Seprei juga bisa jadi mengandung virus yang bisa mengganggu proses pernapasan bayi Anda.

  • Posisi Tidur yang Baik untuk Bayi

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan sang bayi, ada baiknya menidurkan bayi secara terlentang. Posisi tidur ini disarankan untuk para orang tua untuk menerapkannya di tahun pertama si kecil. Enam bulan pertama adalah waktu krusial untuk meminimalisir sindrom kematian bayi mendadak sebanyak 50%. Selain membawa kenyamanan pada bayi, posisi tidur terlentang juga bisa memperbaiki bentuk kepala bayi yang masih belum keras. Usahakan pula, pada saat tidur untuk tidak menaruh benda pada mulut bayi karena bisa saja benda tersebut bisa mengganggu proses pernapasan.  Posisi tidur terlentang tidak hanya disarankan pada saat tidur, pada saat bermain pun Anda sebaiknya memposisikan si kecil dalam keadaan terlentang.

  • Tak Hanya Posisi Tidur yang Harus Diperhatikan

Selain posisi tidur, tempat tidur bayi juga harus Anda perhatikan. Jika selama ini, si kecil tidur seranjang dengan Anda, sebaiknya kini pindahkan bayi ke tempat tidur khusus bayi. Tidur dalam satu ranjang bersama bayi bisa memicu beberapa hal yang dapat mengancam keselamatan bayi Anda. Seperti tercekik dari kasur yang kurang aman dan ukuran bantal yang besar bahkan kemungkinan terburuknya adalah bayi bisa terguling tanpa orang tua sadari.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net 

Hal-hal lainnya yang penting Anda lakukan untuk menjaga kualitas tidur sang bayi adalah menjaga suhu ruangan dan tidak menempatkan tempat tidur bayi di dekat AC, pemanas, ventilasi, dan jendela yang terbuka. Jangan lupa untuk mengganti pakaian bayi Anda dengan baju tidur agar merasa nyaman. Dengan mengetahui hal-hal penting mengenai posisi tidur si kecil, Anda dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa saja terjadi pada saat bayi Anda tidur.

 

Be the first to comment on "Pahami Posisi Tidur Bayi yang Nyaman dan Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*