Panduan Memilih Kereta Bayi Selain Faktor Harga Kereta Bayi

Saat ingin membeli kereta bayi, para orangtua biasanya melihat dari sisi tampilan serta harga kereta bayi. Padahal, ada banyak faktor lain yang harus diperhatikan ketika ingin membeli kereta bayi, yaitu sebagai berikut:

  • Rem Kereta Bayi

Faktor penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan kereta bayi adalah faktor rem. sebisa mungkin pilih kereta bayi yang mempunyai rem yang bisa mengunci dua roda sekaligus, yaitu depan dan belakang, sehingga lebih praktis. Pilih rem stroller yang mudah penggunaannya, karena ini juga berpengaruh pada kenyamanan saat penggunaan. Pastikan juga rem stroller bisa dijangkau dengan tangan.

  • Sabuk Pengaman

Harga kereta bayi memang bisa menjadi faktor pendukung, namun faktor keamanan tentunya harus diperhatikan. Pada umumnya, kereta bayi mempunyia tiga poin atau lima poin pilihan. Sabuk pengaman dengan lima poin dianggap mempunyai keamanan yang lebih tinggi karena bisa mendukung posisi bahu, pinggang, serta posisi di antara dua kaki. Hal ini tentunya dibutuhkan bagi anak yang masih kecil, Selain itu perhatikan juga kemudahan ketika menggunaan sabuk pengaman, apakah bisa melingkari tubuh anak dengan baik ataukah tidak.

  • Batas Berat Badan

Perhatikan batas berat badan  anak ketika membeli kereta bayi. Pilih kereta bayi yang bisa menyangga berat badan anak, karena apabila terlalu berat, akan membuat kerja stroller menjadi tidak stabil.  Hindari menggunakan stroller tunggal untuk membawa lebih dari satu anak karena akan cepat rusak.

  • Tinggi Rendah Pegangan Stroller

Pilih stroller dengan pegangan yang sesuai dengan tinggi badan orangtua yang aka mendorongnya. Pegangan stroller yang ideal haruslah ada pada sekitaran pinggang atau yang lebih rendah.

  • Kursi Dapat Disesuaikan

Apabila kereta bayi digunakan untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan sebaiknya posisi kursi stroller bisa diubah atau disesuaikan, misalnya untuk berbaring. Hal ini dikarenakan anak atau bayi pada usia ini belum bisa duduk dengan sempurna. Sedangkan untuk bayi di atas  usia tersebut akan bisa memberikan kenyamanan ketika tidur.  

  • Pijakan Kaki

Pilih stroller yang memiliki pijakan kaki tidak terpisah antara kanan dan kiri. Pijakan kaki yang tidak terpisah akan menghindarkan anak dari posisi terjepit atau terperangkap.  

  • Kanopi

Pilih stroller yang memiliki kanopi, sehingga bisa melindungi anak dari angin, sengatan sinar matahari, serta gerimis. Pilih stroller dengan kanopi yang mudah dilepaskan, sehingga akan lebih mudah untuk dibersihkan. .

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Apabila memiliki anak kembar atau dua balita dengan selisih umur yang tidak berjauhan, sebaiknya pilih kereta bayi yang bisa mengakomodir hal tersebut. Saat ini sudah ada kereta bayi dengan tandem bayi kembar di posisi kanan dan kiri, atau depan belakang.

Membeli stroller berdasarkan  harga kereta bayi memang penting, namun faktor keamanan dan kenyamanan tentunya lebih penting, apalagi kereta bayi akan membantu orangtua dalam mobilitas anak serta memberikan kemudahan bagi orangtua ketika ingin mengajak anak jalan-jalan.

Be the first to comment on "Panduan Memilih Kereta Bayi Selain Faktor Harga Kereta Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*