Panduan Memilih Tempat Tidur Bayi dan Tips Penempatannya yang Paling Cocok

Tempat Tidur Bayi Lipat Kelambu

Sebagian banyak waktu si kecil akan digunakan untuk tidur dan tidur, terlebih lagi jika bayi Anda baru lahir hingga menginjak usia 3 bulan. Untuk itulah tempat tidur bayi merupakan perlengkapan pertama yang wajib untuk dipersiapkan menjelang si kecil lahir. Berbicara mengenai tepat tidur ini sendiri, antara kebutuhan untuk si kecil dan juga buah hati pastinya jauh berbeda. Bayi membutuhkan tempat tidur yang aman dan nyaman serta steril, agar si Kecil mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Pastinya juga tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Memilih tempat tidur untuk si kecil sebaiknya tidak sembarangan, karena banyak kasus seperti bayi yang jatuh ataupun juga terkena sindrom SIDS dikarenakan penggunaan tempat tidur yang salah. Berikut ini beberapa panduan bagi Anda yang ingin membelikan untuk si kecil, diantaranya yaitu:

  1. Pilihlah tempat tidur yang dilengkapi dengan pengaman, jangan asal menggunakan ranjang biasa, melainkan alangkah baiknya bagi Ada untuk memakai sebuah ranjang yang dilengkapi dengan bagian pembatas di tepiannya. Hal ini berfungsi sebagai pengaman, sehingga setelah Ia menginjak usia 1 tahun ke atas, Ia masih bisa untuk menempatinya secara aman, tanpa takut jatuh karena banyak bergerak.
  2. Sebaiknya gunakan tempat tidur yang juga didukung dengan fasilitas kelambu, kelambu memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi buah hati dari gigitan nyamuk maupun serangga yang lainnya. Menggunakan kelambu pada dasarnya memang jauh lebih aman dibandingkan dengan memanfaatkan obat nyamuk, karena bahan kimianya akan sangat berbahaya bagi pernapasan si kecil.
  3. Gunakan kasur yang tidak terlalu empuk, kemudian khusus untuk kasur sendiri pastikan memilih yang tidak empuk, mengapa demikian? Faktanya kasur yang empuk umumnya akan membuat berat badan mereka tertekan ke bagian bawah sehingga bisa memicu sindrom SIDS, sebuah kondisi dimana bayi mati mendadak diakibatkan tulang punggung terlalu berat dalam menopang tubuhnya. Jadi untuk tingkat keempukan pilih yang biasa saja.
  4. Memilih tempat tidur bayi yang terbuat dari bahan berkualitas, pilihan bahannya sendiri sangat banyak, mulai dari kayu hingga besi, namun produk yang aman dan tahan untuk jangka waktu alma adalah kayu, khususnya kayu jati asli. Selain itu bahan kayu sendiri juga memiliki nilai estetika yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan-bahan yang lainnya.

Tempat Tidur Bayi Kuma

Setelah mengetahui tempat tidur yang tepat untuk si kecil, penempatannya juga harus tepat karena tidak kalah pentingnya dengan memilih tempat tidurnya. Ruangan mana yang paling cocok untuk digunakan, ketahui tipsnya dibawah ini:

  1. Bisa diletakkan satu ruangan dengan kamar Anda, mengapa demikian? Hal ini berguna untuk mempermudah dalam memantau kondisi si kecil, ketika mereka tengah menangis di malam hari dan membutuhkan pertolongan maka orang tua bisa sigap langsung menggendongnya. Hal ini juga membantu dalam mencegah SIDS.
  2. Jangan meletakkan tempat tidur, tepat di sebelah jendela, hal ini dilakukan untuk menghindari udara yang terlalu dingin masuk dan menganggu pernapasan buah hati. Begitu juga dengan resiko yang lainnya contohnya seperti tertimpa besi penopang tirai yang pastinya akan membahayakan untuk si kecil.
  3. Jangan meletakkan tempat tidur tepat di bawah AC, karena udara yang dingin juga kurang bagus bagi si kecil, jikapun ingin meletakkannya disana, maka perhatikan kapan Anda akan menyalakan AC tersebut.

Itulah setidaknya beberapa tips pemilihan dan juga penempatan tempat tidur bayi.

Be the first to comment on "Panduan Memilih Tempat Tidur Bayi dan Tips Penempatannya yang Paling Cocok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*