Panduan Pemberian Makanan Bayi Usia 0 Hingga 6 Bulan, Jangan Salah Jenis dan Jumlahnya

Asupan nutrisi yang diberikan kepada buah hati tentunya berbeda dibandingkan dengan orang dewasa, mulai dari jenis dan juga jumlahnya. Makanan ini pada dasarnya memang memiliki fungsi untuk menunjang tumbuh kembang mereka, untuk bisa berlangsung sempurna maka dibutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan juga seimbang. Dibandingkan dengan yang harganya mahal justru lebih diutamakan yang sehat, kandungan gizinya cukup dan tidak memberikan efek samping berbahaya. Jika dilihat sendiri ada banyak sekali produk makanan bayi yang dijual ke pasaran, hanya saja tentu tidak semuanya menjamin kandungan nutrisi dan kesehatan.

Apalagi produk makanan siap pakai yang pada dasarnya memang terbuat dari beberapa campuran bahan yang kurang baik untuk kesehatan, contohnya adalah pewarna, pengawet dan juga perasa tambahan. Untuk itulah sebenarnya lebih dianjurkan untuk para ibu membuatnya sendiri dibandingkan dengan membuat produk olahan yang sudah jadi, karena masalah kesehatan.

Agar tidak salah kaprah maka sebaiknya ketahui beberapa panduan dalam pemberian makanan bayi ini, sehingga kebutuhan mereka terpenuhi, diantaranya adalah

  1. Bayi usia 0 hingga 4 bulan lebih dianjurkan untuk diberikan asi atau susu formula saja, bayi yang baru lahir memang hanya bisa mengkonsumsi makanan dalam bentuk cairan saja, yaitu asi yang lebih diutamakan karena kandungan gizinya lengkap diimbangi juga dengan penyerapannya yang bisa dilakukan secara mudah oleh tubuh mereka. Umumnya pemberian dilakukan 7 hingga 8 kali sehari untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.
  2. Bayi di atas usia 4 bulan sudah bisa diberikan asupan makanan padat, makanan pendamping asi ini mulai diberikan dengan beberapa alasan, diantaranya adalah asi saja sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi mereka, apalagi si kecil yang aktif tentunya membutuhkan sumber energi tambahan untuk beraktivitas. Bisa dimulai dari pemberian bubur atau biskuit bayi yang sehat. Umumnya diberikan dengan ukuran 3 hingga 4 sendok makan sehari untuk usia 4 hingga 6 bulan, semakin bertambah usianya maka semakin dinaikkan takarannya.
  3. Makanan tambahan untuk mereka yang sudah berusia 6 bukan ke atas, untuk menunjang tumbuh kembang si kecil agar kian cepat dan juga sehat, maka bunda sudah harus mulai memperkenalkan makanan-makanan sehat untuk mereka, bukan hanya sereal atau susu saja, melainkan juga jenis makanan pendamping tambahan, salah satu diantaranya adalah jus buah, nasi tim dan beberapa jenis buah-buahan lumat mudah dicerna lainnya, sehingga nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh lebih bervariasi jenisnya juga lengkap.

Dengan mengingat panduan tersebut diharapkan nantinya bunda tidak perlu kebingungan dalam membuat daftar makanan untuk si kecil, meskipun banyak makanan bayi praktis yang dijual di pasaran, namun jauh lebih sehat membuat sendiri.

 

Be the first to comment on "Panduan Pemberian Makanan Bayi Usia 0 Hingga 6 Bulan, Jangan Salah Jenis dan Jumlahnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*