Pantangan yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Masa menyusui merupakan masa yang dapat dikatakan berat bagi seorang ibu. Ibu harus selalu menjaga makanan dan kebiasaannya, sebab rutinitas dan makanan yang dikonsumsi seorang ibu yang sedang menyusui akan berpengaruh langsung pada kualitas ASI yang dihasilkannya. Oleh sebab itu, setiap ibu yang sedang dalam masa menyusui harus membiasakan diri untuk hidup sehat dan teratur untuk menjaga kualitas ASInya tetap baik demi menunjang tumbuh kembang anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Bagi ibu yang sedang menyusui, terdapat beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari, terutama yang berkaitan dengan makanan, sebab akan berpengaruh pada ASInya. Rasa asi dapat berubah jika ibu yang sedang dalam masa menyusui mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa pantangan yang harus dihindari oleh ibu menyusui.

Menghindari Makanan Bahan Jamu

Banyak orang tua yang menyarankan bahwa setelah masa kehamilan kemudian melahirkan, seorang ibu harus mengkonsumsi jamu untuk mengembalikan kebugarannya, terutama untuk mengencangkan otot kewanitaannya. Namun sebaiknya, ibu yang sedang menyusui menghindari mengkonsumsi jamu ketika sedang memberikan ASI ekslusif, sebab jamu dapat membuat keruh ASI yang dihasilkan. Selain jamu olahan, makanan yang menjadi bahan jamu seperti daun pepaya dan pare sebaiknya juga dihindari, sebab akan membuat rasa ASI menjadi pahit.

Hindari Makan Makanan Pedas

Ibu yang sedang menyusui harus menghindari makanan pedas, seperti cabai, jahe, merica, dan makanan olahan yang memiliki rasa pedas. Jika ibu menyusui mengkonsumsi makanan pedas, ASI yang dihasilkan akan berubah menjadi panas dan bahkan tidak enak. Bayi akan enggan untuk menyusu dan hal tersebut tentu sangat berbahaya karena bayi akan kekurangan asupan gizi.

Jangan Kebanyakan Makan dan Minum yang Manis-manis

Ibu yang menyusui juga harus menghindari mengkonsumsi gula dan makanan manis lainnya secara berlebihan. Kadar gula yang tinggi akan berpengaruh pada kestabilan gula darah si ibu, yang akan menyebabkan kualitas ASI menjadi tidak baik. Selain itu, jika kandungan ASI terlalu banyak mengandung gula, akan membahayakan bayi sebab organ pencernaan bayi belum sempurna.

Jangan Minum Kopi

Asi yang dihasilkan oleh ibu yang sedang menyusui yang suka mengkonsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya dapat membuat bayi tidak dapat tidur nyenyak. Kafein yang terkandung dalam ASI bahkan dapat membuat iritasi pada lambung bayi.

Jangan Banyak Mengkonsumsi Garam

Mengkonsumsi makanan asin atau yang mengandung garam berlebihan dapat berbahaya bagi perkembangan bayi. ASI yang dihasilkan oleh ibu menyusui yang suka mengkonsumsi makanan asin dapat menghambat bayi dalam menyerap nutrisi dari ASI, sebab garam memiliki sifat panas, mengikat, bahkan mengikis, sehingga kadar garam pada makanan yang dikonsumsi ibu dan kemudian disalurkan pada bayi melalui ASI akan membuat nutrisi yang dikonsumsi si ibu tidak akan ada artinya sebab semakin terkikis.

Be the first to comment on "Pantangan yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*