Pembahasan Seputar Vitamin Bayi Baru Lahir

Saat bayi masih berumur di bawah 1 tahun, bunda harus memberikan perhatian khusus dalam hal tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pemberian vitamin yang cocok untuk bayi. Pembahasan vitamin bayi menjadi salah satu topic yang paling banyak ditanyakan.

Setiap bayi yang baru dilahirkan membutuhkan asupan vitamin agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik dan sehat. Vitamin sangat diperlukan agar tulang, gigi-nyakuat dan membangun darahnya agar tidak terkena penyakit anemia. Pada waktu bayi masih usia 0-6 bulan, kebutuhan gizi bayi bisa diberikan dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif.

Baca juga: Jenis Vitamin Bayi Agar Pertumbuhan Dan Perkembangannya Maksimal

Pemberian ASI eksklusif selain dapat memenuhi kebutuhan pokok gizi bayi yang baru lahir juga bisa membuat ASI ibu menjadi lancar. Selain baik untuk bayi, memberikan ASI eksklusif juga bermanfaat untuk ibu itu sendiri, yaitu: membantu berat badan cepat turun, mencegah kangker payudara dsb.

Pemberian ASI eksklusif sebenarnya sudah dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bayi, dengan catatan ibu yang menyusui makan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan.

Memahami Vitamin Dan Mineral

Buah-buahan dan sayuran merupakan bahan makanan yang mengandung banyak vitamin dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh, baik untuk bayi, anak-anak, orang dewasa dan untuk manula. Namun tidak semua buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin yang lengkap atau hanya mengandung beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya: Vitamin C, E, K dan Vitamin B. Keempat jenis vitamin tersebut dbisa didapatkan dari buah dan sayuran. Namun tubuh kita tidak hanya membutuhkan keempat vitamin tersebut, masih banyak jenis vitamin lainnya yang dibutuhkan.

Vitamin lainnya yang dibutuhkan diantaranya adalah vitamin A, B6, B12 dan vitamin D. Vitamin-vitamin tersebut bisa diperoleh dari bahan yang berasal dari hewani seperti: susu, hati dan produk lainnya yang diolah dari hewani.

Lalu benarkah pendapat bahwa bayi yang baru lahir membutuhkan vitamin tambahan?

perlu Anda, kebutuhan vitamin bayi baru lahir sudah terpenuhi melalui ASI. Jadi apabila Anda ingin memberikan asupan vitamin dan mineral, maka caranya cukup meningkatkan kualitas ASI dengan cara makan makanan yang simbang komposisinya.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui apakah bayi membutuhkan suplemen atau tidak?

untuk mengetahui apakah bayi memerlukan vitamin tambahan atau tidak tergantung pada kondisi bayi. Sebelum memutuskan memberikan suplemen tambahan atau tidak sebaiknya ketahui terlebih dulu riwayat pemberian ASI bayi. Apakah bayi diberikan ASI atau susu formula. Apakah bayi dilahirkan dengan kondisi normal, premature atau melalui operasi caesar. Atau apakah bayi memiliki kelainan kesehatan dsb.

Jika bayi mengalami masalah kesehatan atau lahir secara premature sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter mengenahi vitamin bayi yang harus terpenuhi.

 

Be the first to comment on "Pembahasan Seputar Vitamin Bayi Baru Lahir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*