Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil Memberi 4 Manfaat Ini!

Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil Memberi 4 Manfaat Ini!

Bagi ibu yang tengah berbadan dua atau hamil tentu akan rutin memeriksakan diri ke dokter dan akrab dengan tindakan USG. Istilah ini merupakan kependekan dari Ultra Sonografi yang mempergunakan alat khusus dan terhubung dengan layar monitor. Fungsinya tentu saja untuk memeriksa kondisi perut ibu yang tengah hamil, bisa pula digunakan untuk mengecek kesehatan rahim bagi siapa saja yang memiliki keluhan. Tidak banyak ibu yang paham manfaat detail dari pemeriksaan ultra sonografi ini padahal cukup banyak.

Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil Memberi 4 Manfaat Ini!

Manfaat Pemeriksaan Ultra Sonografi

Pemeriksaan jenis ini memang dilakukan sejak trimester pertama sampai terakhir, dan manfaat dari pemeriksaan dengan ultra sonografi ini ternyata sangat banyak. Diantaranya adalah:

  • Mengecek usia janin,

Saat ibu hamil biasanya tidak mengetahui secara pasti berapa umur kehamilan tersebut, terutama bagi ibu yang sering telat datang bulan. Lewat pemeriksaan dengan ultra sonografi inilah tim dokter kandungan akan bisa menentukan usia kehamilan. Kemudian bisa memperhitungkan hari persalinan sesuai dengan umur dari janin Anda. Orangtua pun bisa mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran si kecil dan merawat kehamilan dengan baik.

  • Mengetahui perkembangan janin,

Setiap ibu hamil tentu akan memiliki rasa was-was sebab rentan mengalami keguguran ataupun yang lainnya. Lewat pemeriksaan dengan USG ke dokter kandungan ibu hamil bisa mengikuti dan mengamati perkembangan janin di dalam kandungannya. Selain tahu umur kandungan nantinya juga tahu bagaimana posisi janin, bagaimana kondisi detak jantungnya, dan lain sebagainya. Ketika diketahui ada suatu masalah maka bisa langsung diambil tindakan sebab diperiksa langsung dan bukan dengan ilmu perkiraan yang hasilnya tentu akurat.

  • Mengecek adanya kelainan atau tidak,

Jika dulunya ibu hamil tidak dapat mengetahui kondisi janin dengan pasti karena masih mengandalkan keahlian dukun bayi atau sebatas bidan. Namun kini sudah banyak rumah sakit yang menyediakan dokter kandungan sehingga para calon ibu bisa mengecek kondisi terkini janinnya dengan ultra sonografi. Lewat pemeriksaan ini seorang ibu bisa mengetahui adanya kelainan pada buah hatinya atau tidak, dilihat dari kondisi janin lewat monitor. Dokter akan memberikan informasi detail hasil pemeriksaan dan memberikan solusi terbaik yang bisa dipertimbangkan.

Baca juga Mengulas Tentang Langkah-langkah Proses Bayi Tabung yang Perlu Anda Ketahui

  • Membantu melihat jenis kelamin bayi,

Sudah menjadi rahasia umum jika pemeriksaan dengan alat ultra sonografi ini semua orangtua bisa mengetahui jenis kelamin buah hatinya. Dulunya orang bersifat aji mumpung dengan harapan jenis kelamin anaknya yang akan lahir. Namun tidak dengan sekarang sebab sebelum atau mungkin sesudah memasuki usia 6 bulan orangtua bisa mengecek jenis kelamin calon anaknya. Sehingga terbantu untuk menyediakan perlengkapan yang cenderung biru atau pink, dan orangtua pun bisa mempersiapkan nama setelah mengetahui jenis kelaminnya dari hasil USG tersebut.

Be the first to comment on "Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil Memberi 4 Manfaat Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*