Penasaran Mengapa Bayi Cegukan? Inilah Hal yang Membuatnya Mengalami Hal Tersebut!

Penasaran Mengapa Bayi Cegukan? Inilah Hal yang Membuatnya Mengalami Hal Tersebut!

Semua orang di dunia ini pastinya pernah mengalami cegukan yang dikarenakan oleh berbagai hal. Hal ini merupakan karena adanya kontraksi yang secara tiba-tiba terjadi tanpa disengaja pada bagian diafragma seseorang. Selain itu, suara cegukan dapat tercipta karena adanya udara yang secara tiba-tiba melewati paru-paru dan membuat bagian glottis-nya menutup. Baik orang dewasa mau pun anak-anak, pastinya hal ini sering terjadi dalam sehari-hari kita. Tidak menutup kemungkinan, hal ini juga dapat terjadi pada bayi yang masih belum berusia 1 tahun atau bahkan 6 bulan. Mungkin sebagian besar dari orang tua yang masih baru akan merasa bingung dan kesulitan untuk mengatasi bayi cegukan. Namun, Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi ketika sudah mengetahui penyebabnya serta cara menghentikannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat si kecil cegukan dan cara mengatasinya:

Penasaran Mengapa Bayi Cegukan? Inilah Hal yang Membuatnya Mengalami Hal Tersebut!

  • Terlalu Banyak Menyusu

Hal paling pertama yang dapat membuat si kecil mengalami cegukan dalam sehari-hari adalah karena sang bayi terlalu banyak mengonsumsi susu. Jika mereka merasa kekenyangan karena mengonsumsi susu dalam jumlah banyak, maka akan memicu otot pada diafragmanya mengalami kejang dan akhirnya menyebabkan cegukan. Pastikan untuk memberikan si kecil susu dalam takaran yang sudah sebagai mestinya dan dalam takaran yang wajar saja. Dengan begini pastinya si kecil akan sangat jarang mengalami hal tersebut.

  • Menelan Udara

Selain mengonsumsi susu berlebihan, ternyata menelan udara juga dapat menyebabkan bayi cegukan. Hal ini dapat terjadi juga ketika sedang menyusu, yang dimana posisi mereka ketika diberikan susu kurang tepat, dan juga bisa dikarenakan karena faktor yang lainnya. Pastikan jika Anda menyendawakan si kecil di saat sedang istirahat ketika menyusu sesering mungkin. Hal ini dapat mengurangi resiko adanya udara yang ikut tertelan ketika sedang meminum susu.

  • GERD

Gastrointestinal reflux disease atau yang lebih sering dikenal sebagai penyakit reflux asam lambung juga menjadi salah satu penyebab mengapa bayi bisa menjadi cegukan. Jenis reflux ini sering dan juga sangat umum terjadi pada bayi yang masih berusia di bawah satu tahun. Untuk mengatasinya, Anda memang tidak dapat berbuat begitu banyak dan hanya membawanya ke dokter anak untuk segera di obati agar bayi berhenti cegukan dan asam lambung tersebut tidak terjadi.

Baca juga Cara Merawat Bayi Sakit Perut Kembung

  • Penurunan Suhu

Penurunan suhu yang drastis juga nyatanya dapat membuat bayi cegukan. Oleh karena itu, tidak heran jika bayi yang baru lahir harus dimasukkan ke dalam incubator, dimana udaranya lebih bersih serta suhu yang lebih normal dan stabil karena mereka masih belum dapat menjaga suhu tubuh masing-masing jika terjadinya perubahan yang begitu nyata di sekitar lingkungan mereka. Pastikan untuk selalu menjaga mereka, dan memberikan mereka kehangatan dan juga kenyamanan.

 

Be the first to comment on "Penasaran Mengapa Bayi Cegukan? Inilah Hal yang Membuatnya Mengalami Hal Tersebut!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*