Penting, Ini 5 Vitamin untuk Ibu Menyusui!

Seorang ibu, selain harus memperhatikan cara menyusui yang benar agar bayi tidak tersedak, harus pula memperhatikan saat menyusui ketika payudara lecet. Selengkapnya bisa dibaca pada tautan berikut ini: https://review.bukalapak.com/mom/ini-5-cara-menyusui-bayi-yang-benar-saat-payudara-lecet-16725

Ibu menyusui juga harus memperhatikan kandungan nutrisi dan vitamin yang masuk ke dalam tubuhnya. Baik vitamin yang berguna bagi kelancaran ASI maupun yang mampu menunjang agar daya tahan tubuhnya tidak melemah.

Karenanya seluruh nutrisi yang masuk pada tubuh ibu menyusui akan ikut dikeluarkan pulapada kualitas air susu ibu yang tentunya akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi. Tidak perlu bingung, karena nutrisi dan vitamin untuk ibu menyusui tersebut juga ada dan bisa didapatkan dari bahanbahan alami yang biasa terdapat di sekitar kehidupan kita. Dengan harapan, seorang ibu yang menyusui juga tak mengalami kekurangan gizi hariannya karena nutrisinya juga ikut diserap oleh sang buah hati.

Setelah mengetahui bahwa kebutuhan nutrisi dan vitamin sangat banyak beredar di sekitar kita, perlunya variasi menu juga dibutuhkan agar ibu menyusui tidak bosan dalam mengonsumsinya. Beberapa vitamin yang harus dikonsumsi baik untuk ibu hamil danjuga ibu menyusui, di antaranya:

  • Vitamin C

Yang pertama adalah vitamin C. Vitamin C ini tentunya mengandung antioksidan yang juga mampu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sang ibu maupun anak. Beberapa buah buahan juga mengandung vitamin C seperti jambu biji dan jeruk. Tentunya vitamin C akan membuat tubuh ibu tidak mudah sakit.

  • Vitamin E

Kandungan vitamin E juga ada pada buah buahan di sekitar kita. Seperti yang terdapat padabuah tomat, mangga, alpukat. Sayuran seperti tauge juga mengandung vitamin E. Selain sebagai antioksidan, vitamin E ternyata mampu meningkatkan berat badan. Karena ibu akan terdorong untuk memakan lebih banyak makanan lagi. Nah, cocok bagi ibu yang memang memiliki masalah dalam menaikkan berat badan dan khawatir akan jatuh sakit jika terus menerus menyusui tanpa diisi nutrisi yang cukup.

  • Vitamin D

Vitamin untuk ibu menyusui yangtak kalah pentingnya adalah vitamin D. Asupan vitamin D sendiri sangat penting bagi ibu menyusui sebagai pembentukan tulang sang bayi atau regenerasi tulang sang ibu yang juga menjadi sangat rentan setelah hamil dan melahirkan. Konsumsi pro vitamin D yang terdapat pada udang, ikan tuna, tahu, keju, susu, kedelai, dan yang lainnya, dan dibantu untuk berjemur pada sinar matahari pagi untuk membantu mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D dalam tubuh. Jadi, intinya kombinasikan makanan yang bergizi dan juga berjemur di sinar matahari pagi.

  • Vitamin A

Banyak sekali sayuran maupun buah buahan yang mengandung vitamin A. seperti yang terdapat pada bayam, brokoli, kangkung, telur, ubi jalar, wortel, dan sebagainya. Vitamin A mampu menjernihkan penglihatan dan juga membantu menghaluskan kulit loh. Serta agar daya tahan tubuh ibu menyusui tidak semakin turun.

  • Vitamin B

Vitamin B sebetulnya juga banyak jenisnya, seperti vitamin B-6 dan vitamin B-12 yangterkenal. Vitamin B-12 sendiri memiliki manfaat untuk menambah produksi sel darah merah pada ibu. Selain itu, vitamin B-12 ini juga mampu menambah energi bagi ibu menyusui. Baik vitamin B-6 dan B-12 sama sama berperan penting untuk menambah nafsu makan demi menambah pula berat badan ibu menyusui. Makanan yang mengandung vitamin B diantaranya: telur, daging, ikan, kerang, brokoli, pisang,bayam, tomat, kacang kacangan, dan lain sebagainya.

Perbaiki konsumsi vitamin secara teratur, agar tetap sehar walau tetap menyusui.

Be the first to comment on "Penting, Ini 5 Vitamin untuk Ibu Menyusui!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*