Pentingnya Baju Ibu Menyusui Saat Berpergian

Memberikan ASI eksklusif tentu saja menjadi kebanggaan seorang ibu. Dengan air susu ibu, perkembangan dan pertumbuhan buah hati berkembang dengan baik. Namun kadang ada saja kendala yang terjadi saat memberikan ASI, contohnya yang sering dialami adalah tidak menggunakan baju ibu menyusui atau salah kostum.

Menggunakan baju model kaos saat berpergian membuat ibu kelabakan terutama saat anak mulai merengek minta ASI. Ibu harus mencari tempat sembunyi yang nyaman agar tidak terlihat orang.

Menggunakan kaos saat menyusui membuat tubuh ibu bagian perut dan payudara terlihat. Sayangnya masih banyak ibu-ibu yang tidak memperhatikan model baju menyusui terutama saat sedang di ruang-ruang publik. Menyusui di muka umum bisa menjadi pemandangan kurang nyaman. Agar lebih nyaman saat menyusui gunakan baju khusus menyusui, Berikut penjelasannya:

  1. Jika akan berpergian, sebaiknya gunakan pakaian yang longgar dengan kancing di bagian depan, seperti: hem, blus atau kemeja. Selain model kancing, bisa juga menggunakan model retseleting bagian depan.
  2. Sebelum pergi usahakan terlebih dahulu menyusui, agar selama diperjalanan buah hati merasa kenyang.
  3. Untuk memudahkan memberikan ASI, gunakan bra khusus menyusui. Bra yang terdiri dari dua lapisan. Pada bagian puting sudah dibuat lubang (cup) yang bisa dibuka tutup dengan mudah. Pilihlah bra tanpa kawat supaya kelenjar susu tidak tertekan. Bra menyusui memudahkan ibu mengeluarkan puting tanpa harus menurunkan atau menaikkan karet bra.
  4. Pilih bahan baju yang mudah menyerap keringat dan lembut seperti: katun atau poly spandex. Bahan yang kasar berisiko membuat bayi tidak nyaman.
  5. Pilih baju menyusui yang tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar. Jika Anda menggunakan bawahan celana pilih celana panjang yang longgar, bahannya menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Karena aktivitas menyusui biasanya mengharuskan Anda untuk bergerak gesit dan fleksibel.

Kesimpulannya baju ibu menyusui memiliki ciri-ciri bagian depannya terdapat bukaan dari kancing atau seleting, terutama di bagian dada sehingga lebih mudah mengeluarkan payudara tanpa harus membuka atasannya hingga ke dada dan mencegah perut terbuka.

Saat ini sudah banyak baju ibu menyusui yang bisa Anda beli di pasaran maupun di toko online dengan beragam jenis bahan, model, ukuran. Bahkan banyak model yang membuat ibu terlihat lebih anggun dan modis. Agar terlihat lebih ramping bisa memilih model pakaian yang memiliki hiasan di bagian pinggang atau di bagian bawah dada.

Pilih warna yang cerah dan lembut agar ibu terlihat lebih energik. Jika terdapat pernak pernik, hindari yang berlebihan terutama di bagian depan sebaiknya polos. Karena dikhawatirkan mengganggu atau melukai buah hati saat menyusui.

Menggunakan baju ibu menyusui yang tepat bisa membuat ibu merasa lebih nyaman dan bisa memfasilitasi aktivitas menyusui sehingga pekerjaan dan mobilitas Anda tidak terganggu.

Be the first to comment on "Pentingnya Baju Ibu Menyusui Saat Berpergian"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*