Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif Untuk Bayi

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif Untuk Bayi

Pemberian ASI eksklusif dimulai pemberian ASI saja untuk si bayi mulai umur 6 bulan pertama sebelum bayi mengenal kehidupan pertamanya dengan berbagai jenis makanan. Hal tersebut sudah tidak asing lagi dalam pemberian ASI  untuk bayi dikalangan masyarakat, dalam dunia pemerintahan pun juga sangat dianjurkan jika pada usia bayi diwajibkan untuk diberikan ASI akan tetapi hal tersebut tidak semuanya berjalan dengan kenyataan bayi yang seharusnya memang diberikan ASI oleh ibunya.

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif Untuk Bayi

Selama anda menyusui sebaiknya sangat diarankan untuk anda tetap menjaga pola makan yang baik agar ASI yang anda hasilkan dapat terus meningkat. Ditakutkan jika anda tidak menjaga pola asupan yang baik dapat berpengaruh dan berefek ASI yang tidak sehat untuk bayi anda. Pemberian ASI  eksklusif bukan hanya baik untuk tumbah kembang si kecil, akan tetapi pemberian ASI juga berpengaruh pada kesehatan anda sendiri. Untuk itu jika anda masih ragu-ragu memberikan ASI untuk bayi anda sebaiknya buanglah jauh-jauh rasa takut yang anda alami.

Anda tidak perlu merasa kawatir jika anda memberikan asupan ASI saja untuk anak anda, merasa anak anda tidak membuatnya kenyang dan anda memberikan tambahan asupan makanan lainnya. Sebaiknya hal tersebut anda hindari ya Moms. Pemberian makanan yang memang tidak sesuai dengan umur bayi anda juga akan berdampak tidak baik untuk tumbuh kembang bayi anda. Berilah asupan makanan yang memang sesuai dengan umur bayi anda.

Pemberian ASI eksklusif tidak hanya baik untuk bayi akan tetapi juga akan berpengaruh pada Ibu yang sedang menyusui. Pemberian ASI tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan Ibu itu sendiri. Pemberian ASI mempunyai kaya manfaat yang dapat dilihat dalam beberapa faktor misal.

  1. Bagi kesehatan ibu, dapat mengurangi insiden kanker leher rahim dan kanker payudara serta dapat mempercepat involusi uterus atau kembalinya rahim ke ukuran normal setelah melahirkan.
  2. Dari aspek Psikologis, dapat mendekatkan hubungan Ibu dan bayi , menimbulkan rasa aman bagi bayi serta dapat mengembangkan dan menumbuhkan rasa kepercayaan.
  3. Bagi keluarga, jika dilihat dari sisi ekonomi dapat menghemat uang untuk membeli susu formula.
  4. Bagi nusa dan bangsa, memberikan ASI dapat menurunkan angka kasus pada kematian dan kesakitan pada bayi, dapat meningkatkan kualitas generasi penerus yang berprestasi yang memiliki peranan baik untuk kecerdasan otak anak.

Baca juga: Tips Aman Memperlancar ASI Agar Berlimpah untuk Si Kecil

Asi eksklusif yang diberikan untuk anak anda tentu juga sangat berpengaruh dan memiliki dampak yang di timbulkan cukup baik. Dari hal diatas sudah banyak anda temui bahwa manfaat pemberiaan ASI sangat penting seperti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi selain itu agar berat badan bayi anda ideal, dan pemberian ASI sangat baik agar tulang bayi lebih kuat. Sebaiknya anda berikan ASI sesuai dengan kebutuhan anak dan tetaplah menjaga pola makan sehat.

Be the first to comment on "Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif Untuk Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*