Penyakit Bayi Baru Lahir

Saat anak sakit, tentunya orangtua akan cemas luar biasa, apalagi jika baru memiliki bayi di tahun pertama. Dan berikut ini adalah penyakit bayi yang sering dialami oleh bayi baru lahir hingga tahun pertama.

Baca juga: Tips Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir

  1. Apnea

Apnea adalah penyakit dimana dalam beberapa detik tidak bernapas, hal ini terjadi secara spontan saat tidur. Biasanya yang sering mengalami ini adalah bayi yang baru lahir, terutama bayi yang lahir prematur.

  1. Sesak Napas

Penyakit bayi lainnya yang sering diderita adalah sesak napas. Bayi sesak napas biasanya akan kesulitan ketika menarik napas, atau biasanya napas bayi berbunyi disertai pula dengan batuk. Apabila wajah bayi mengalami kebiruan, hal ini perlu diwaspadai, karena bisa jadi itu tanda bayi kekurangan oksigen.

  1. Ruam Popok

Ruam popok adalah penyakit yang sering menyerang kulit bayi terutama pada bagian yang dipakaikan popok. Ruam popok biasanya disebabkan pemakaian popok yang tidak benar atau kebersihan popok yang kurang terjaga.

  1. Kuning

Penyakit kuning biasanya diderita oleh bayi yang baru lahir, ciri dari penyakit ini adalah mata serta kulit bayi berwarna kuning. Meski tidak terlalu berbahaya apabila sampai batas tertentu. Akan tetapi ibu harus tetap waspada apabila kuning pada bayi tak juga hilang.

  1. Eksim Susu

Eksim susu adalah masalah kulit yang sering terjadi pada bayi. Menurut mitos, dinamakan eksim susu diduga karena disebabkan oleh ASI yang menempel di sekitar mulut bayi sehingga mengakibatkan bercak merah.

  1. Batuk Pilek

Virus memang menjadi salah satu penyebab yang sering menyerang bayi sehingga menimbulka penyakit. Apabila bayi mengalami batuk pilek hingga tidak mau minum ASI atau lebih dari seminggu, maka segera bawa ke dokter.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran napas adalah infeksi yang menyerang saluran napas bagian atas. Bahkan ada`juga yang menyerang saluran napas bagian bawah. Infeksi ini dapat terjadi pada bayi yang baru lahir.

  1. Infeksi Telinga Tengah

Infeksi telinga tengah adalah infeksi yang menyerang telinga bagian tengah atau di sekitar gendang telinga.

  1. Sembelit

Sembelit tak hanya bisa menyerang orang dewasa saja, tapi juga bisa menyerang bayi yang baru lahir. Biasanya sembelit terjadi karena kurangnya cairan serta berubahnya makanan yang masuk ke dalam tubuh, biasanya terjadi saat bayi sudah mengkonsumsi Makanan Pendamping ASI.

  1. Muntah

Muntah terjadi karena beberapa sebab, bisa karena bayi kekenyangan, atau karena banyaknya udara yang masuk ke dalam lambung. Apabila bayi terus menerus muntah, segera bawa ke dokter.

  1. Diare

Salah satu penyebab Diare pada bayi adalah virus bernama rotavirus. Waspadai jika bayi mengalami diare yang bercampur dengan darah.

Itulah beberapa penyakit bayi yang sering menyerang bayi newborn hingga pada usia tertentu. Orangtua tidak perlu panik, namun juga harus tetap waspada.

Be the first to comment on "Penyakit Bayi Baru Lahir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*