Penyebab Penyakit Leukemia

Apakah Anda akrab dengan istilah leukemia? Leukemia adalah nama lain dari kanker darah. Jenis penyakit kanker yang satu ini tergolong ganas karena dapat berkembang hingga stadium lanjut dan mengakibatkan kematian. Penyakit ini juga cukup menyeramkan karena dapat menyerang siapa saja, mulai dari mereka yang masih berusia kanak kanak hingga orang dewasa dan lanjut usia.

Leukemia atau kanker darah adalah penyakit yang menyebabkan adanya jumlah dan aktivitas dari sel darah putih di dalam tubuh manusia. Sel darah putih sendiri memiliki fungsi yang amat penting bagi tubuh. Salah satu fungsi sel darah putih yang paling penting adalah melindungi tubuh dari serangan virus, kuman dan bakteri.

Pada tubuh orang normal, sel darah putih akan diproduksi dalam jumlah yang pas untuk membasmi kuman kuman yang terdeteksi masuk ke dalam tubuh. Sementara pada pengidap leukemia produksi sel darah putih ini berlebihan, selain itu fungsinya juga menurun.

Sebagaimana kebanyakan penyakit kanker lainnya, belum ditemukan obat untuk leukemia. Pengobatan dilakukan dengan menjalankan serangkaian kemoterapi dan tindakan tindakan medis lainnya. sayangnya rangkaian pengobatan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit, selain itu efek samping yang ditimbulkan juga kerap membuat para pasien merasa kewalahan.

Penyebab Penyakit Leukemia

Mengingat betapa bahaya dan sulit disembuhkannya leukemia, tentu akan lebih baik untuk menjaga agar penyakit tersebut jangan sampai menghampiri tubuh kita. Untuk bisa menghindarinya, kita tentu harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit leukemia. Penyebabnya antara lain adalah:

  1. Faktor Keturunan

Pada dasarnya setiap manusia memiliki bibit sel kanker di dalam tubuhnya. Tugas kita adalah jangan sampai bibit bibit tersebut aktif dan menyebabkan penyakit kanker di dalam tubuh. Orang orang yang berada di garis keturunan yang sama dengan pengindap kanker memiliki bibit kanker yang lebih mudah aktif sehingga resiko terkena kankernya juga jauh lebih besar.

Cara paling sederhana untuk menjaga agar bibit kanker di dalam tubuh tidak aktif adalah dengan menjaga asupan makanan. Jangan terlalu sering mengkonsumi makanan yang mengandung MSG. Selain itu usahakan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung anti oksidan.

  1. Terpapar Radiasi

Kanker darah leukimia dapat pula disebabkan oleh paparan radiasi yang tidak bisa ditolerir tubuh. Paparan radiasi bisa terjadi apabila seseorang menjadi korban dalam tragedi nuklir atau kecelakaan kerja yang melibatkan zat zat kimia berbahaya. Salah satu zat kimia yang disebut sebut bisa memicu sel kanker dengan cepat adalah benzema.

  1. Gaya Hidup

Penyebab penyakit leukemia yang lain adalah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat misalnya adalah merokok, jarang berolahraga dan terlalu banyak mengkonsumsi junk food. Kandungan yang ada di dalam rokok dan junk food dapat mengaktifkan sel sel kanker di dalam tubuh. Terlebih jika konsumsi 2 hal tersebut masih ditambah lagi dengan kebiasaan malas berolahraga, tubuh menjadi kekurangan cara untuk mendetoks racun racun yang berada di dalamnya.

Diagnosis leukemia hanya bisa dilakukan oleh dokter dengan kelengkapan medis yang mumpuni. Sebaiknya Anda atau orang terdekat segera memeriksakan diri jika mengalami gejala gejala yang identik dengan leukemia. Semakin cepat penyakit ini terdeteksi maka akan semakin cepat penanganan bisa dilakukan. Semakin dini penanganan yang diberikan maka akan membuka peluang kesembuhan yang lebih besar juga.

Be the first to comment on "Penyebab Penyakit Leukemia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*