Penyebab Perut Kembung Bayi dan Cara Aman Mengatasinya

Penyebab Perut Kembung Bayi dan Cara Aman Mengatasinya

Banyak orang tua yang tidak mengetahui benar alasan mengapa bayi mereka mendadak rewel dan sering menangis. Tentunya hal tersebut terjadi tidak tanpa alasan. Beberapa alasan seperti merasa lapar, merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya atau bahkan merasa kondisi tubuhnya yang sedang tidak baik.

Penyebab Perut Kembung Bayi dan Cara Aman Mengatasinya

Salah satu kondisi tubuh yang sering mengganggu kenyamanan bayi adalah perut kembung. Oleh karena itu, sebelum mengatasi perut kembung bayi, ada baiknya Anda perlu mengenali beberapa penyebab utamanya.

Makanan yang Dikonsumsi Ibu

Untuk Anda para ibu sebaiknya hati-hati dengan makanan yang Anda konsumsi karena akan membawa dampak ASI yang menjadi sumber asupan gizi bayi. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan seperti kubis, brokoli, bawang, kentang dan kembang kol akan membentuk gas setelah dicerna.

Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bayi

Memasuki usia 6 bulan, biasanya bayi sudah dianjurkan mencoba Makanan Pengganti Air Susu Ibu (MPASI). Namun, Anda perlu memperhatikannya karena makanan seperti brokoli, meski sehat namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan gasnya dapat membuat perut kembung bayi.

Selain itu, fungsi pencernaan bayi belum berjalan secara sempurna mengakibatkan bayi tidak boleh mengkonsumsi minuman selain ASI, susu formula dan air mineral. Minuman seperti jus yang meski banyak mengandung vitamin namun rupanya bisa membuat bayi diare karena kandungan gula buah yang terdapat di dalamnya masih sulit dicerna.

Kondisi Dot Bayi

Penyebab perut kembung pada bayi selanjutnya adalah botol dot. Jika Anda mulai member susu formula pada bayi Anda, sebaiknya dalam memilih botol dot bayi Anda harus cermat. Kondisi ujung dot yang terlalu kecil bisa menyebabkan banyak udara masuk ke dalam perut si kecil saat sedang minum susu.

Selanjutnya, untuk mengatasi perut kembung bayi, berikut beberapa cara yang aman yang Anda harus lakukan.

Posisi Menyusui

Gas dalam perut bayi bisa diatasi dengan posisi saat menyusui. Jika sedang menyusui, sebaiknya posisi kepala si kecil berada lebih tinggi dari perutnya. Posisi seperti ini akan membantu bayi agar lebih mudah bersendawa, karena susu yang masuk ke dasar perut membuat udara lebih cepat naik ke atas. Cara ini juga bisa Anda terapkan saat si kecil sedang minum susu dari botol dot.

Bantu Bayi Bersendawa

Langkah selanjutnya adalah membantu si kecil bersendawa dengan cara menggendongnya secara tegak setelah Anda menyusuinya. Jika cara ini berhasil, baringkan bayi selama sepuluh menit dan ulang posisi di atas beberapa kali. Cara ini memungkinkan udara yang ada di dalam perut bayi bergerak keluar ketika Anda mengangkatnya saat berbaring.

Tummy Time

Memijat secara perlahan dapat mengatasi perut kembung bayi. Pijatan dilakukan dengan gerakan searah jarum jam sambil mengusap-usap lembut punggung si kecil. Lakukan pemijatan saat Tummy time. Tummy Time sendiri berarti segala aktivitas yang dilakukan bayi dalam posisi tengkurap. Selain membantu mengeluarkan udara dalam perut, posisi ini juga dapat melatih keterampilan motoriknya.

Be the first to comment on "Penyebab Perut Kembung Bayi dan Cara Aman Mengatasinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*