Penyebab Perut Kembung pada Bayi yang Bisa Membuat Rewel


Perut kembung pada bayi bisa mengakibatkan bayi rewel dan menangis. Ketika dia rewel, hal yang sering dilakukan adalah memberikan dia ASI bukan? Karena kebanyakan ibu berpikir ketika bayi menangis kalau tidak lapar pasti karena tidak nyaman karena ngompol. Jika ketika sudah diberi ASI namun masih tetap rewel, bisa jadi penyebabnya adalah bayi mengalami perut kembung. Sebenarnya, menurut beberapa dokter, perut bayi yang kembung hingga usia 3 bulan adalah hal yang wajar karena perncernaan bayi belum bekerja secara sempurna. Namun, ada cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi, salah satunya dengan mengusap-usap punggung bayi.

Jika perut kembung terjadi pada anak ataupun orang dewasa, hal yang bisa mereka lakukan adalah dengan bersendawa agar mengeluarkan gas yang ada di dalam perut, lalu bagaimana jika itu terjadi pada bayi? Bayi tampaknya belum bisa mengeluarkan sendawa. Oleh sebab itu, bayi memerlukan batuan orang dewasa. Sebelum kita masuk ke dalam hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi, kita perlu mengetahui dulu kira-kira apa si penyebab perut kembung pada bayi itu?

Perut kembung pada bayi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Yuk kita simak hal-hal yang menjadi penyebab perut kembung pada bayi.

  1. Makanan yang dikonsumsi Ibu

Bayi yang masih meminum ASI dapat mengalami perut kembung karena makanan yang dikonsumsi ibu. Buat para ibu, agar bayinya tidak kembung perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi ya. Sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung kacang-kacangan karena akan membentuk gas setelah dicerna. Selain itu, perlu mengurangi juga makanan yang bisa menyebabkan gas lainnya, seperti kubis, kembang kol, brokoli, bawang, atau kentang.

  • Makanan yang dikonsumsi Bayi

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, sebagai ibu pastinya sudah mempersiapkan makanan tambahan pendamping ASI bukan? Makanan pendamping seperti sayuran dan buah memang bagus karena memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Namun perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua sayuran bisa dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya saja brokoli ataupun kentang.

  • Minuman Selain ASI

Seperti yang dianjurkan oleh para dokter pada umumnya, minuman terbaik untuk bayi adalah Air Susu Ibu. Jika ternyata ASI ibu kurang lancar, bisa diganti dengan susu formula atas saran dari dokter. Untuk bayi yang masih berusia dini, tidak dianjurkan untuk diberi minuman seperti jus buah. Jus buah memang terkesan sehat, namun jika diberikan pada bayi yang pencernaannya belum sempurna bisa mengakibatkan sakit perit dan dapat menyebabkan gas berlebih di dalam perut bayi.

  • Empeng Bayi

Empeng bayi ternyata kurang disarankan diberikan untuk Bayi. Ketika bayi rewel, sebaiknya tidak diberikan empeng atau semacamnya untuk mengelabui bayi. Mengempeng bisa membuat bayi kembung akan gas karena pada dasarnya tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh bayi.

Itu dia tadi beberapa penyebab perut kembung pada bayi. Hal yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi cukup banyak. Misalnya saja memijat perut bayi secara perlahan. Bunda bisa lakukan gerakan melingkar searah jaruh jam. Cara ini bisa dilakukan ketika bayi dalam posisi tidur telentang. Berikutnya, Bunda juga bisa mengusap punggung bayi. Sebelumnya posisi bayi adalah telungkup atau perut menghadap bawah dan diletakkan di kedua paha bunda. Selamat mencoba ya Bunda.

Be the first to comment on "Penyebab Perut Kembung pada Bayi yang Bisa Membuat Rewel"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*