Peralatan Bayi Gendongan Membantu Ibu Menggendong Bayi Lebih Mudah

Ada cukup banyak peralatan bayi yang dibutuhkan mulai dari ia baru lahir hingga sudah beranjak lebih besar. Peralatan bayi bukan hanya pakaian dan perlengkapan perawatan saja. Ada satu peralatan yang penting Anda miliki yaitu gendongan.

Fungsi Gendongan

Gendongan memiliki peran membantu ibu menggendong bayinya. Jika tidak ada gendongan mungkin akan kesulitan menggendong bayi. Selain itu bayi akan tumbuh besar seiring dengan perkembangannya, tentu saja menggendong bayi yang tumbuh akan merasa pegal apalagi bayi Anda selalu aktif.

Menggendong bayi tampak terlihat mudah, namun sebenarnya tidak boleh dilakukan sembarangan karena tubuh bayi masih sangat lemah dan tulang-tulangnya belum cukup kuat. Jika salah menggendong bisa mengakibatkan cidera atau berakibat fatal terhadap perkembangan fisiknya dikemudian hari.

Jenis-Jenis Gendongan

Anda tentu pernah melihat para ibu yang menggendong bayinya menggunakan selendang atau kain batik. Seiring jaman gendongan mengalami perkembangan dan beragam inovasi mulai dari bentuk, motif dan warna.

Setiap jenis gendongan fungsinya adalah untuk menggendong bayi, namun ada beberapa hal yang harus diketahui yaitu ada beberapa jenis gendongan yang cara menggendongnya berbeda dengan gendongan selendang.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis dan tips memilih peralatan bayi gendongan yang aman dan nyaman sesuai dengan perkembangan bayi.

  • Gendongan Selendang

Gendongan selendang kain adalah jenis gendongan yang menjadi favorit dan legendaris para ibu dari jaman dulu. Kain atau selendang digunakan dengan cara mengaitkan selendang di leher ibu. Selendang gendong cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir sampai usia 2 tahun. Dengan posisi aman kepala bayi disandarkan ke tangan membuat ia merasa nyaman dan dekat dengan ibunya. Sekarang gendongan selendang motifnya tidak melulu batik, Anda bisa memilih motif sesuai selera.

Baca juga: Daftar Penting Peralatan Bayi yang Baru Saja Lahir

  • Gendongan Model Ransel

Seperti namanya gendongan ransel cara menggunakannya menyerupai ransel. Anda bisa menggendong bayi menghadap ke depan atau ke belakang. Gendongan ini cocok dan aman digunakan untuk bayi usia 2 tahun ke atas atau saat tulang kaki bayi sudah kuat.

  • Gendongan Baby Sling

Gendongan jenis ini umumnya terbuat dari katun, dapat digunakan untuk menggendong bayi dengan berbagai macam posisi sesuai usianya. Bentuknya mirip seperti gendongan selendang dan aman digunakan untuk bayi yang baru lahir. Bedanya dengan gendongan kain, pada gendongan sling terdapat dua buah ring terbuat dari besi atau plastic yang menempel di salah satu ujung kain.

Demikian 3 jenis gendongan yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan Anda bisa disesuaikan dengan usia, kenyamanan bayi dan kenyamanan Anda saat menggunakannya. Selain itu, peralatan bayi gendongan yang baik dan aman adalah yang bisa mengangkat tubuh bayi cukup tinggi dan rapat dengan tubuh Anda.

Be the first to comment on "Peralatan Bayi Gendongan Membantu Ibu Menggendong Bayi Lebih Mudah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*