Perawatan Bayi Agar Rambutnya Tumbuh Sehat, Indah Dan Sempurna

Bayi yang lahir tumbuh dengan kondisi rambut yang berbeda-beda. Ada sebagian bayi yang lahir dengan kondisi rambut yang lebat, namun ada juga sebagian bayi yang rambutnya tipis bahkan ada yang tidak ada rambut yang tumbuh. Agar rambut tumbuh dengan sempurna orang tua perlu mengetahui cara perawatan bayi, khususnya perawatan rambut dan kulit kepala.

Pada umumnya orang tua mendambakan buah hatinya memiliki rambut yang lebat dan tidak memiliki masalah pada rambut dan kulit kepalanya. Dalam artikel ini kita akan membahas perawatan bayi khususnya mengenai rambut dan masalah yang umumnya sering terjadi, disertai penjelasan bagaimana cara mengatasinya.

Rambut Bayi Tipis

Rambut bayi tipis, menjadi salah satu masalah yang umum. Banyak orang tua yang khawatir dengan kondisi tersebut. Tidak jarang orang tua rela melakukan berbagai cara agar rambut buah hatinya tumbuh lebat. Salah satu cara yang sering dilakukan orang tua untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mencukur rambut bayi, dengan harapan proses tumbuh berikutnya lebih lebat.

Sebenarnya tidak perlu khawatir, karena cara mengatasinya bisa dengan memberikan tonik rambut khusus bayi yang mengandung bahan-bahan alami, seperti: lidah buaya, daun seledri. Kemiri atau gingseng. Selain itu perhatikan asupan nutrisi bayi karena asupan gizi mempengaruhi keadaan/ kondisi rambut bayi.

Rambut Tidak Tumbuh/ Botak

Banyak orang tua yang merasa khawatir dengan rambut buah hatinya yang tidak kunjung tumbuh. Sebaiknya Anda tidak perlu terlalu khawatir jika kondisi kulit kepala bayi dalam kondisi sehat (tidak berwarna merah atau infeksi) sebab ada sebagian anak yang pertumbuhan rambutnya terlihat saat usianya 2 tahun.

Kerak Pada Kulit Kepala

Masalah kulit kepala yang sering dijumpai adalah munculnya kerak pada kulit kepala bayi. Tanda-tandanya mirip seperti ketombe, yaitu berwarna kuning atau kecoklatan dan akan mengelupas. Masalah tersebut bisa disebabkan karena hormon androgen yang terbawa saat masih di dalam perut, sehingga menyebabkan kelenjar lemak aktif. Kelenjar tersebut kemudian memicu timbulnya lapisan kerak.

Masalah kerak kepala pada bayi tidak akan mengganggu bayi, sebab tidak menimbulkan gatal dan akan hilang dengan sendirinya. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengoles minyak oil untuk melembutkan dan membuang kerak kepala. Setelah dioles, diamkan selama beberapa jam hingga kandungan minyak meresap, bisa bantu dengan pijatan yang lembut.

Itulah beberapa masalah rambut dan kulit kepala yang umumnya terjadi pada bayi. Jika buah hati Anda mengalami masalah tersebut, cara mengatasinya bisa mengikuti cara yang sudah kita informasikan. Semoga artikel mengenai perawatan bayi ini dapat menambah informasi dan semoga rambut buah hati Anda bisa tumbuh dengan sehat, indah dan sempurna.

Be the first to comment on "Perawatan Bayi Agar Rambutnya Tumbuh Sehat, Indah Dan Sempurna"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*