Perawatan Bayi yang Menderita Sakit Kuning

Bayi yang lahir sehat tentunya menjadi dambaan para orangtua, akan tetapi adakalanya masalah yang tak terduga timbul, salah satunya adalah ketika bayi menderita sakit kuning. Perawatan bayi tentunya harus lebih ekstra ketika bayi sudah sakit kuning.

baca juga: Suka Bingung Memilih Tindakan Perawatan Bayi Saat Sakit? Berikut Solusi Sesuai Situasinya!

Sakit kuning memang banyak diderita oleh bayi, terutama bayi yang baru lahir. Penyakit ini ditandai dengan kulit bayi yang berwarna kuning, juga bola matanya yang menguning. Hal ini terjadi dikarenakan kerja organ hati pada bayi belumlah sempurna.

Bagi orangtua yang melahirkan bayi di rumah sakit dan penyakit kuning ini muncul saat masih di rumah sakit, untuk mengatasi hal ini, pihak rumah sakit biasanya akan memberikan bantuan sinar pada bayi. Namun, apabila penyakit kuning ini muncul ketika sudah sampai di rumah, maka tak perlu kembali lagi ke rumah sakit untuk mendapatkan fasilitas sinar.

Lalu bagaimana mengatasi bayi yang sakit kuning? Sebenarnya ada cara yang sederhana, yaitu dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari. Aktifitas menjemur bayi ini tidak boleh dilakukan sembarangan, akan tetapi hanya dilakukan di bawah sinar matahari yang sehat, yaitu antara pukul 7 pagi hingga 9 pagi.

Kenapa harus matahari pagi? Karena matahari pagi mengandung beragam vitamin, khususnya vitamin D yang sangat baik untuk tubuh. Tak perlu terlalu cemas ketika bayi menderita sakit kuning, dengan perawatan bayi yang tepat, maka sakit kuning akan berangsur sembuh dan hilang.

Rutinkan untuk menjemur bayi di pagi hari, sebisa mungkin dalam kondisi bayi telanjang sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam kulit dan tubuh bayi. Ketika menjemur bayi, jangan sampai sinar matahari masuk ke dalam mata bayi karena mata bayi masih belum kuat menerima sinar yang menyengat. Oleh karena itu, bayi bisa diletakkan dalam posisi miring, atau bayi meghadap ke barat dengan kepala bayi ada di sebelah timur.

Namun, apabila sekiranya belum berani menggendong bayi, bisa juga dengan menidurkan bayi di atas kasur, atau dengan meletakkan bayi di atas bouncer. Apabila meletakkan bayi di atas bouncer dan menghadap ke arah timur, maka sebisa mungkin tutupi mata bayi dengan kain atau dengan penutup mata bayi khusus yang banyak dijual di pasaran, sehingga bayi bisa berjemur sambil tidur dengan nyenyak tanpa takut matanya terkena sinar matahari.

Selain dengan menjemur bayi, ibu juga harus menyusui bayi lebih sering, hal ini juga bisa membantu untuk mengurangi serta menghilangkan kuning pada tubuh bayi. Selain itu, menyusui juga akan meningkatkan kedekatan bayi dengan ibu. Ini juga bisa meningkatkan imun serta kesehatan bayi.

Perawatan bayi yang menderita sakit kuning harus dilakukan secara rutin agar tubuh bayi bisa kembali sehat dan dapat bertumbuh serta berkembang dengan baik.  

Be the first to comment on "Perawatan Bayi yang Menderita Sakit Kuning"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*