Perawatan Bayi yang Wajid Diketahui Orang Tua

Perawatan Bayi yang Wajid Diketahui Orang Tua

Perawatan bayi memang wajib dibutuhkan oleh bayi, agar pertumbuhan dan perkembangannya berkembang dengan sehat dan cerdas. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Agar pertumbuhannya dapat optimal diperlukan perawatan yang baik.

Perawatan Bayi yang Wajid Diketahui Orang Tua

Tiga bulan pertama, setelah si kecil lahir membutuhkan perawatan bayi secara khusus yang berbeda ketika usianya menginjak bulan keempat dan selanjutnya. Bayi yang berusia  sebulan harus masih diberikan ASI dan mempunyai jam tidur yang belum teratur sehingga mudah terbangun untuk makan. Ada banyak berbagai perawatan usia 1-3 bulan diantaranya sebagai berikut :

  • Makan

Dalam makanan, bayi yang berusia sebulan perlu diberikan makanan 6 kali dalam sehari. Memberikan ASI dua kali dari jumlah pemberian makan tersebut. Pemberian ASI bisa mencapai 12 kali dalam sehari oleh karena itu jangan mengontrol frekuensi asupan makanan bayi  dan biarkan bayi menuntun dengan sendirinya kapan ia butuh dan ingin makan

  • Tidur

Pada usia sebulan, bayi akan sangat sering tidur. Maka dari itu biarkan bayi tidur sepuasnya meskhi dalam waktu yang singkat atau sebentar. Ketika bayi mulai mengantuk langsung letakkan bayi di atas tempat tidur agar ia bisa jatuh tertidur tidak digendongan Anda. Bangun kebiasaan ini sejak dini agar terbiasa.

  • Ekspresi Bayi

Memasuki usia enam minggu atau 1,5 bulan, bayi sudah dapat mulai tersenyum. Ekspresi tangisan bayi dalam usia-usia ini dapat sangat membuat kewalahan dan yang bisa dilakukan hanyalah berusaha menenangkannya dengan cara yang berbeda-beda agar bayi dapat diam dengan tenang kembali. Cobalah semua cara yang diketahui untuk menenangkannya selama cara tersebut lembut.

  • Perkembangan Bayi

Usia ini sangatlah penting bagi orang tua untuk memperbanyak interaksi dan berkomunikasi dengan suara dan ekspresi wajah karena otak bayi sedang dalam masa perkembangan akan sangan terbantu sekali. Hal ini dapat mengembangkan otot-otot motoriknya. Bayi yang berusia sebulan akan sangat merespon pada rangsangan yang ia rasakan.

  • Menjaga Kesehatan Bayi

Bayi yang berusia sebulan dalam perawatan bayi harus sudah menjalani imunisasi. Dalam usia ini harus dihindarkan dari kontak dengan orang yang memiliki kondisi kesehatan yang kurang fit. Maksimalkan mencuci tangan sebelum menyentuh atau menggendong bayi dan kurangilah paparan terhadap infeksi semaksimal mungkin.

Baca juga: Tips Perawatan Bayi Baru Lahir dan Merawat Bayi Agar Cepat Gemuk

  • Memberikan Perlindungan Secara Fisik

Naikkanlah batas tempat tidurnya meski bayi belum bisa berguling ataupun tengkurap. Mulailah kebiasaan ini sejak dini agar terbiasa melakukannya saat bayi sudah beranjak berkembang. Tahanlah tubuh bayi dengan satu tangan jika saat akan melakukan penggantian popoknya atau kapanpun bayi diletakkan telentang ditempat yang aman. Gunakan alat penggendong bayi yang terpasang dengan benar dan erat. Hal ini dapat menggunakan kereta bayi atau stroller.

Kebahagiaan sesungguhnya di dalam keluarga adalah dengan kehadirannya bayi, jangan sampai terganggu oleh rutinitas perawatannya. Perawatan bayi harus  memperhatikan hal-hal di atas, proses merawat bayi yang baru lahir bisa menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan.

Be the first to comment on "Perawatan Bayi yang Wajid Diketahui Orang Tua"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*