Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi Usia 2 Bulan yang Perlu Ayah Bunda Ketahui

Buah hati Anda sekarang memasuki usia 2 bulan? Jika ya, jangan lewati perkembangan dan pertumbuhannya yang luar biasa. Berikut adalah perkembangan dan pertumbuhan bayi usia 2 bulan

Kemampuan motorik

Saat usia 2 bulan bayi sudah kuat menopang kepalanya walaupun kadang ia masih terhuyung huyung. Pada saat ia tengkurap atau ditegakkan badannya ia mulai mengangkat kepalanya setinggi 45 derajat. Perkembangan dan pertumbuhan bayi selanjutnya adalah gerak refleks memegang benda yang tersentuh oleh jarinya dan menghisap jempol atau jari lainnya.

Pada usia ini bayi belum memiliki koordinasi yang dibutuhkan untuk bermain. Tapi bayi mulai memperhatikan objek warna warni yang ada didepannya. Bahkan ia mungkin akan meraih objek tersebut. Jika mainan ditempatkan di tangannya ia akan memegangnya sebentar.

Saat tidur biarkan ia tidur terlentang untuk mengurangi sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) hindari menaruh benda di kasur, terutama yang ukurannya besar seperti: bantal, guling, boneka dll.

Di akhir bulan ia sudah cukup kuat menahan kepalanya sebentar sambil mengamati sekelilingnya. Pertumbuhannya berkembang setahap demi setahap. Kemudian ia mulai belajar tengkurap, ia mencoba mengangkat badannya dengan cara mendorong tangannya.

Untuk mendukung proses si kecil tengkurap, temani dan dukung perkembangannya. Agar proses tengkuranpnya menjadi lebih menyenangkan cobalah meletakkan dia dia tas karpet dengan tekstur yang menarik dengan bahan aman sambil memainkan mainan.

Anda bisa menengkurapkan bayi saat ia tertarik bermain. Dengan membiasakan bayi tengkurap membantu otot lehernya lebih kuat.

Perkembangan Pendengaran & Bahasa

Di usia 2 bulan bayi mengalami perkembangan bahasa. Ia mulai mendengarkan apa yang Anda ucapkan, memperhatikan gerak mulut dan mempelajari bagaimana lidah bergerak. Bayi mulai bisa mengucapkan suara, biasanya yang diawali huruf vocal seperti: oh atau uh.

Bayi akan mendengarkan suaranya dan melatih lidahnya dengan mengulang suara. Walaupun ia belum mengerti apa yang Anda ucapkan, ajaklah bicara atau bernyanyilah.

Bayi juga mulai bisa melihat objek dari jarak hingga 38 cm. saat menyusui ia akan menatap Anda dengan tatapan yang polos. Saat itu bayi juga sudah bisa mengikuti gerakan objek dan mengikuti gerak Anda saat Anda mendekat.

Seringkali pada usia ini ia menyukai pemandangan seperti air, binatang dan objek lainnya yang menarik. Ia senang digendong dengan posisi tegak menghadap keluar.

Perkembangan bayi dari minggu ke minggu

  • Minggu ke 5 ia akan menangis untuk mendapatkan perhatian
  • Minggu ke 6 ia belajar mengenali pola
  • Minggu ke 7 ia akan mengkombinasikan penggunaan indera, misalnya mata dengan gerak tangan
  • Minggu ke 8 ia mulai memperlihatkan emosi

Menjaga dan merawat bayi, melihat perkembangan dan pertumbuhannya dari bulan ke bulan merupakan moment yang tidak terlupakan dan berharga. Bayi adalah unik, setiap bayi mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Artikel ini bisa menjadi gambaran perkembangan dan pertumbuhan bayi usia 2 bulan pada umumnya.

Be the first to comment on "Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi Usia 2 Bulan yang Perlu Ayah Bunda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*