Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Beli

shutterstock_75801622_resizeBagi calon orang tua, kelahiran anak pertama menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan. Perkara mencari perlengkapan bayi bukanlah hal yang mudah. Terkadang ada yang lupa beberapa kebutuhan yang tidak kelihatan namun penting bagi bayi. Oleh sebab itu bagi calon orang tua diperlukan informasi perlengkapan apa saja yang sangat dibutuhkan bayi yang baru lahir.

 

Pakaian

Berbeda dengan pakaian anak-anak, memilih pakaian bayi yang baru lahir harus mempertimbangkan bahan yang tepat, bahan yang sangat halus dan lembut. Mengapa demikian? Karena bayi yang baru lahir kulitnya masih sangat sensitif, jika salah memilih bisa membuat kulit bayi menjadi kasar, merah, dan iritasi.

Perlengkapan baju yang harus siap sedia adalah: baju lengan panjang, pendek, celana panjang, topi, sarung tangan, kaos kaki, jaket, popok kain, gurita, dan bedongan.

Karena bayi yang baru dilahirkan sering mengompol, pilih baju dengan model kancing di depan dan celana yang mudah dibuka. Siapkan popok dari bahan kain mengingat intensitas kencing bayi lebih sering. Siapkan juga popok sekali pakai. Popok ini dapat digunakan di saat darurat, misalnya saat musim hujan.

Perlengkapan bayi lainnya adalah gurita. Ada dua jenis gurita yaitu gurita untuk bayi dan gurita untuk sang ibu. Namun walaupun demikian masih ada ibu yang menggunakannya. Gurita adalah kain yang ditalikan di bagian perut bayi. Fungsinya untuk menjaga dan membentuk perut bayi. Gurita dapat mencegah bayi masuk angin dan membantu pertumbuhan tulang belakang.

Perlengkapan Mandi Bayi

Bayi memerlukan perlengkapan mandi khusus tidak hanya sabun atau shampoo, siapkan juga handuk, washlap dan bak khusus mandi bayi. Waslap adalah handuk bayi yang dimasukkan ke tangan. Fungsinya untuk memandikan bayi atau menyeka tubuhnya.

Pilih sabun dan shampoo khusus bayi yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, dan yang tidak pedih di mata. Pilih handuk yang bahannya lembut, tidak berserat kasar, dan sangat halus. Pastikan menjaga perlengkapan mandi selalu dalam kondisi bersih.

Perlengkapan Perawatan

Setelah mandi bayi diberi perawatan khusus agar kulitnya tetap bersih, halus dan lembut. Beberapa peralatan yang diperlukan adalah: minyak telon, bedak, baby oil, cream atau lotion bayi dll. Pilih lotion yang tidak mengandung pemutih, alkohol atau yang mengandung mercury.

Kain Gendongan

Saat ini kain gendongan sudah banyak jenisnya. Jenis-jenis gendongan bisa disesuaikan dengan umur bayi. Jika bayi baru lahir pilih gendongan model kain selendang. Setelah tulang-tulangnya kuat Anda bisa mengganti gendongan kain selendang dengan gendongan model ransel.

Selain perlengkapan tersebut masih ada perlengkapan bayi lainnya yang tidak kalah penting yaitu perlengkapan kesehatan dan perlengkapan makan. Jika memiliki dana lebih, tidak ada salahnya membeli perlengkapan tambahan lainnya seperti mainan, tempat tidur, sepatu, perlengkapan berpergian dsb. Semoga artikel ini dapat menambah informasi terutama bagi para suami istri yang sedang mempersiapkan kelahiran buah hati.

Be the first to comment on "Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Beli"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*