Perlengkapan Bayi yang Wajib Ada Sebelum Proses Persalinan

Menunggu kelahiran buah hati adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Perasaan cemas, bahagia bercampur menjadi satu. Mempersiapkan kelahiran buah hati harus didukung dengan perlengkapan bayi. Berikut adalah daftar perlengkapan yang wajib sudah Anda beli sebelum persalinan.

Perlengkapan Pakaian

  • Baju tangan panjang dan pendek. Pilih baju dengan kancing di bagian depan
  • Popok kain dan popok instan
  • Gurita
  • Bedong
  • Perlak

Tiap jenis pakaian tersebut sebaiknya dibeli atau disediakan sebanyak satu lusin. Semuanya harus disediakan dalam jumlah yang banyak karena saat baru lahir bayi sering buang air kecil dan BAB.

Bahan pakaian bayi disarankan yang berbahan katun karena lebih mudah menyerap keringat. Sedangkan untuk popok sekali pakai pilih yang memiliki daya serap tinggi karena intensitas buang air kecil sangat sering.

Perlak adalah alas tidur bayi yang berfungsi mencegah air kecil merembes ke kasur. Usahakan member perlak ukuran besar agar bisa sekaligus digunakan sampai bayi aktif bergerak.

Pelengkapan Mandi

Keperluan lainnya yang harus siap adalah perlengkapan mandi seperti:

  • Handuk, siapkan handuk sebanyak dua buah untuk jaga-jaga jika handuk masih basah masih memiliki cadangan.
  • Sabun dan shampoo yang aman bagi kulit bayi.
  • Tissue basah, kapas. Gunakan tissue basah yang tidak mengandung alkohol karena bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering. Gunakan kapas yang seratnya halus.
  • Waslap, adalah handuk kecil. Anda bisa gunakan waslap yang bentuknya seperti sarung tangan lebih memudahkan membersihkan atau menyeka tubuhnya saat dibersihkan.
  • Bak mandi bayi. Saat bayi masih berumur satu bulan tidak perlu dimandikan apalagi jika belum puput pusar, cukup diseka dengan waslap. Namun jika bayi sudah berusia dua bulan lebih sebaiknya mandikan di bak mandi khusus bayi agar proses memandikan lebih aman dan nyaman.

Perlengkapan Kesehatan dan Kebersihan

Saat dua bulan pertama kelahirannya bayi harus dilindungi dari lingkungannya sehingga penting siap sedia peralatan kesehatan, seperti: perban, kapas, salep khusus bayi, thermometer, dan alkhol.

Sedangkan peralatan kebersihan berupa gunting kuku, sisir, wadah untuk menampung air hangat, cotton bud, tempat sampah untuk membuang kapas, popok setelah buang air kecil atau besar.

Perlengkapan perawatan Kulit

Kulit bayi perlu dirawat agar terjaga kebersihan dan tetap halus lembut. Perlengkapan bayi untuk menjaga kulitnya seperti bedak, baby oil, minyak telon dan lain-lain. Selain itu Anda bisa menyiapkan peralatan lainnya seperti celemek, perlengkapan makan dan menyusui.

Selain perlengkapan bayi, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan untuk ibu yang baru melahirkan, sepeti: pakaian untuk menyusui, gurita. Pilih model gurita yang menggunakan perekat agar lebih mudah memakainya.

Perlengkapan bayi alangkah baiknya disiapkan jauh hari sebelum persalinan. Waktu yang tepat membeli perlengkapan bayi adalah dua bulan sebelum persalinan. Dengan mempersiapkan jauh-jauh hari bisa meringankan pengeluaran biaya dan membuat Anda lebih tenang fokus mempersiapkan kelahiran buah hati.

Be the first to comment on "Perlengkapan Bayi yang Wajib Ada Sebelum Proses Persalinan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*