Perlengkapan yang Harus Disiapkan untuk Memandikan Bayi

Bayi harus selalu dijaga kebersihannya agar terhindar dari penyakit, selain dengan cara menjaga kebersihan lingkungannya, juga dengan cara memandikan bayi dengan bersih. ketika memandikan si kecil, tentunya tidak asal, dan banyak perlengkapan yang harus disiapkan, yaitu sebagai berikut:

Bak Mandi

Untuk memandikan bayi tentunya butuh tempat khusus, yaitu bak mandi bayi yang berukuran kecil yang nantinya diisi dengan air hangat.

Sabun

Sabun bayi tentunya berbeda dengan sabun dewasa, sabun bayi memang dibuat khusus untuk kulit bayi yang masih sensitif dan lembut. Pilih sabun bayi yang tidak menimbulkan iritasi, karena iritasi pada kulit bayi bisa menyebabkan kulit bayi gatal dan ruam merah. .

Shampo

Seperti halnya sabun, pilih shampi yang aman bagi kulit kepala bayi, pilih shampo yang tidak pedih di mata sehingga aman untuk bayi. Sebaiknya keramasi kepala bayi seminggu sekali.

Kasa Steril

Apabila tali pusat bayi belum lepas atau belum puput, maka sediakan kasa steril untuk membungkus tali pusat. Rendam kasa steril ke dalam alkohol 70 persen dan bungkus tali pusat setelah dimandikan. Kasa steril juga dapat dipakai untuk membersihkan lidah bayi. Caranya adalah dengan menggulung kasa dengan jari telunjuk kemudian basahi dengan air hangat dan peras airnya. Masukkan jari yang terbungkus kain kasa ke dalam lidah dan bersihkan dengan lembut.

Kapas Steril

Kapas steril bisa digunakan untuk membersihkan mata bayi aau alat kelamin bayi. Sebaiknya bersihkan alat kelamin bayi sebelum dimandikan agar air mandi tetap bersih. Setelah mandi, boleh juga dibersihkan kembali. Kapas dan steril hanya sekali pakai, jadi setelah digunakan harus langsung dibuang

Cotton Buds

Cotton buds juga wajib disediakan, bisa digunakan untuk membersihkan telinga atau pusar bayi.

Minyak Telon

Minyak telon digunakan setelah mandi dan berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi. Caranya adalah mengoleskannya pada perut serta punggung bayi.

Krim Bayi

Sediakan  krim bayi atau lotion bayi, gunakan krim atau lotion tersebut pada lipatan badan bayi seperti tangan dan kaki untuk menghindari lecet.  

Perlak

Siapkan perlak untuk mandi bayi serta sebagai alas.

Handuk

Jangan lupa sediakan handuk untuk menghangatkan tubuh bayi setelah mandi. Pilih handuk yang besar dan  lembut sehingga nyaman di tubuh bayi.

Pakaian Ganti

Siapkan pakaian ganti di dekat tempat mandi agar bisa langsung dikenakan oleh bayi, seperti gurita, baju bayi, popok, kain bedong, sarung tangan, kaos kaki, dan lain sebagainya.

Perlengkapan Lain

Selain perlengkapan di atas, perlu juga disediakan perlengkapan lainnya seperti sisir serta gunting kuki, agar kerapian dan kebersihan bayi selalu terjaga.

Itulah beberapa perlengkapan yang harus disiapkan untuk memandikan bayi. Jaga selalu kebersihan perlengkapan tersebut agar tidak ada kuman yang hinggap ke tubuh si kecil.

Be the first to comment on "Perlengkapan yang Harus Disiapkan untuk Memandikan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*