Perlukah Memberikan Jam Hp Anak?

Efek radiasi hp tentu sudah sering kita dengar. Dengan penggunaan yang berlebihan, tentunya radiasi akan terus mengintai kita. Sebuah teknologi baru juga saat ini sudah ditemukan sebagai alternatif dari penggunaan smartphone yang lebih mudah untuk dipasangkan tanpa harus menggenggam ponsel terus menerus, adalah Jam tangan pintar atau saat ini yang lebih dikenal dengan smartwatch. Merupakan sebuah ponsel pintar (smartwatch) yang dikemas dalam bentuk jam tangan. Untuk ukurannya memang lebih besar dibandingkan jam tangan pada umumnya, lebih mirip pada jam tangan sport sih.

Adanya penemuan teknologi berupa smartwatch ini memang bertujuan untuk mengimprovisasi kegunaan ponsel berdasarkan pada fungsi jam tanganyang terbilang sangat praktis baik dari pembawaannya hingga pada penggunaannya. Smartwatch akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi atau pada saat berolahraga, hal ini dikarenakan Anda tak lagi perlu untuk merogoh saku atau mengambilnya ke dalamtas. Hanya tinggal memasangkan di pergelangan tangan yang juga akan menghindarkan risiko lupa peletakan hingga kehilangan.

Jam tangan pintar sendiri umumnya menggunakan teknologi layar sentuh atau touchscreen, yang mana tidak berbeda jauh dengan penggunaan smartphone. Penggunaannya juga mudah, dapat menerima dan melakukan panggilan telepon dengan cara menekan tombol khusus yang biasanya terletak padabagian tengah bawah layar. Pada saat tombol tersebut ditekan, smartwatch akan memunculkan deretan angka. Sehingga pengguna juga dapat memasukkan nomor yang dituju dan menekan tombol panggilannya.

Seperti halnya pada smartphone yang juga memiliki banyak fitur, ada beragam fitur yang dimiliki smartwatch, antara lain:

Musik, yang tentunya juga akan dapat berfungsi secaramaksimal jika didengarkandengan handsfree bluetooth. Kapasitas musik yang dapat ditampung tentunya terbatas karena tidak memiliki memori eksternal.

Kamera, ada beberapa jenis smartwatch yang juga memiliki kamera.

Internet, juga dimiliki oleh smartwatch dengan kapasitas atau jaringan GPRS.

Konektivitas, selain bluetooth jam tangan ponsel juga dilengkapi dengan device untuk mentransfer data melalui kabel data.

Permainan, ada juga fitur permainannya. Namun tetap terbatas memori dan dinilai kurang menarik.

Setelah mengetahui beberapa penjelasan diatas, lalu yang akan kita bahas adalah perlukah pemberian jam hp anak saat berada di masa sekarang ini yang rentan dari adanya tindak kejahatan?

Beberapa alasan dan kondisi orang tua dapat memberikan jam hp anak, di antaranya:

  1. Untuk mengontrol dan mengecek anak ketika berada di usia sekolah. Dengan adanya ponsel yang berupa jam tangan tentunya orangtua dapat dengan mudah menelepon sang anak.
  2. Untuk mengetahui posisi sang anak ketika bermain di luar rumah, banyak juga smartwatch yang saat ini sudah memiliki fungsi GPS. Orangtua akan mengetahui keberadaan anak bila memang jauh dari jangkauannya.
  3. Anak tidak terlalu kecanduan ponsel. Beberapa anak di antaranya justru akan mengalami tantrum jika tidak diberikan barang yang ia inginkan. Penting juga karena sedikitnya akan ada efek radiasi, selengkapnya mengenai radiasi bisa dilihat di: https://review.bukalapak.com/mom/5-bahaya-radiasi-hp-bagi-ibu-hamil-3468
  4. Anak sudah memiliki rasa tanggung jawab. Karena memang harga jam tangan  ponsel cukup mahal, pastikan dahulu anak mampu menerima tanggung jawab untuk menjaganya.
  5. Anak sudah mulai mengerti tentang penggunaan teknologi dan paham akan fungsinya.

Beberapa model smartwatch untuk anak juga lucu dan juga unik. Selain orangtua tak khawatir akan keberadaan sang anak, tentunya anak akan menjadi lebih senang menggunakannya bukan?

Be the first to comment on "Perlukah Memberikan Jam Hp Anak?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*