Persyaratan Bak Mandi Bayi Yang Aman Dan Nyaman

Aktivitas mandi untuk buah hati bukan hanya sekedar membersihkan tubuhnya dari debu dan kotoran. Namun lebih dari itu aktivitas mandi bisa menjadi moment bermain yang menyenangkan. Oleh sebab itu sebelum aktivitas mandi dilakukan harus dipersiapkan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan. Salah satunya adalah bak mandi bayi.

Sekarang sudah banyak model bak mandi yang khusus di desain untuk kenyamanan dan keamanan buah hati saat mandi. Ada banyak pilihan warna hingga model yang lucu. Namun, sebaiknya memilih bak mandi untuk buah hati tidak hanya mempertimbangkan modelnya saja, namun penting untuk mempertimbangkan segi kenyamanan dan keamanan buah hati. Berikut ini ada beberapa persyaratan yang bisa Anda jadikan pertimbangkan saat membeli bak mandi bayi yang aman dan nyaman.

Bahan Bak Mandi

Bahan bak mandi yang digunakan untuk bayi atau anak-anak sebaiknya yang terbuat dari bahan plastic. Kelebihan plastic selain ringan dan mudah dipindahkan, juga lebih aman, kuat dan tidak mudah melengkung. Jenis plastic yang aman dan direkomendasikan adalah polypropylene.

Bahan tersebut permukaannya tidak mudah berserabut dan mengelupas walaupun kena air panas terus menerus. Permukaannya yang halus tidak membuat bak licin, sehingga lebih aman digunakan oleh bayi dan tidak akan menyebabkan luka, tergores dsb.

Bagian Kaki Bak Mandi

Selain bahan yang harus dijadikan bahan pertimbangan saat membeli bak mandi adalah bagian bawah kaki bak. Pilih bagian kaki bak yang tidak mudah bergeser, yaitu yang memiliki alas di bagian kakinya. Sekarang sudah banyak model bak mandi yang bagian kakinya sudah dilengkapi alat pengaman bahan karet.

Bentuk Bak Mandi

Pada dasaranya bak mandi bayi didesain khusus sesuai dengan ukuran dan bentuk  tubuh bayi yang mungil. Walaupun banyak model dan desain yang tersedia di pasaran, namun sebaiknya hindari memilih bak mandi yang bagian sudutnya lancip, karena dikhawatirkan akan melukai buah hati.

Baca juga: Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar

Ukuran Bak Mandi

Memilih bak mandi sebaiknya jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sesuaikan bak dengan ukuran tubuh dan usianya. Jika bayi Anda sudah berusia satu tahun sebaiknya pilih bak mandi yang ukurannya agak besar.

Peralatan Mandi

Agar aktivitas mandi lebih menyenangkan Anda bisa memberikan mainan yang bisa dimainkan di dalam air. Apalagi jika buah hati Anda sudah berusia 6 bulan, biasanya tidak akan diam saat dimandikan. Hal tersebut tentu akan membuat Anda kesulitan untuk memandikannya. Dengan meletakkan mainan bisa membuat buah hati lebih tenang.

Sebaiknya pilih mainan yang terbuat dari plastic ringan dan hindari meinan yang mudah menyerap air. Nah, demikian standar bak mandi bayi yang aman dan nyaman yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat memilih bak mandi. Semoga bermanfaat!

 

Be the first to comment on "Persyaratan Bak Mandi Bayi Yang Aman Dan Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*