Petunjuk Makanan Bayi 6 Bulan yang Direkomendasikan dan Dilarang

Petunjuk Makanan Bayi 6 Bulan yang Direkomendasikan dan Dilarang

Usia 6 bulan untuk seorang bayi merupakan umur dimana anak mulai mengenal hal baru yaitu makanan, jadi ada jenis makanan pendamping ASI eksklusif untuk membantu pertumbuhannya. Sejak lahir bayi hanya diberikan nutrisi kebutuhan dari air susu ibu, jadi pada awal perkenalan makanan bayi harus diberikan pilihan bahan yang tepat. Anda sebagai orang tua harus mampu membedakan mana yang cocok untuk awal mengenal makanan sampai dengan bulan-bulan berikutnya. Selain itu seorang ibu juga harus banyak belajar akan nutrisi apa yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan, mulai dari kebutuhan vitamin, gizi dan juga komponen lainnya.

Petunjuk Makanan Bayi 6 Bulan yang Direkomendasikan dan Dilarang

Dipasaran sendiri sebenarnya sudah banyak sekali jenis makanan untuk bayi dalam bentuk instan, untuk orang tua itu memang sangat membantu karena lebih praktis dan tidak perlu kerepotan dalam mempersiapkan. Tetapi pada kenyataannya banyak jenis bubur instan bayi yang belum mengandung nutrisi yang baik untuk tubuhnya, bahkan sangat kurang. Padahal untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berkembang seperti halnya bayi lainnya perlu dukungan dari berbagai bahan makanan yang bernutrisi bagus. Berikut ini ada beberapa bahan makanan yang sangat direkomendasikan kepada buah hati Anda yang berumur 6 bulan yaitu:

  1. Berbagai buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai bubur seperti alpukat, pisang, wortel, pir, apel dan lain sebagainya. Seperti yang diketahui bahwa buah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh buah hati.
  2. Kedua yaitu berbagai sayuran yang menyimpan berbagai vitamin yang bagus bagi pertumbuhan si buah hati. Dari mulai kol, kubis, bayam, sawi dan masih banyak lagi lainnya.
  3. Kacang-kacangan juga termasuk dalam jenis bahan yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai makanan bayi yang tepat. Berbagai jenis kacang bisa dijadikan sebagai bubur mulai dari kacang hijau, merah, almond dan masih banyak lagi.
  4. Bubur yang dibuat dari potongan daging dan ayam yang telah dihaluskan, bisa daging ayam ataupun daging sapi.

Itulah beberapa jenis bahan yang mempunyai kandungan baik jika dijadikan sebagai makanan untuk dicemil. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai varian makanan dan campuran, misalnya bubur dari buah yang dicampur dengan susu. Lalu bubur dari nasi putih yang dicampur dengan daging ataupun sayuran lainnya. Yang paling penting pastikan makanan tersebut mempunyai tekstur yang lembut dan mudah dicerna untuk buah hati Anda. Untuk bulan pertama bisa merutinkan dengan makanan dari buah atau sayuran.

Baca Juga Bahan Makanan Bayi Terbaik untuk MPASI

Berbagai bentuk reaksi pada tubuh anak bisa saja muncul, misalnya alergi, batuk, gatal ataupun susah buang air besar akibat makanan yang salah. Makanya jangan berikan anak makanan yang sembarangan sehingga mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Orang tua harus paham, mana makanan bayi yang menjadi favorit anak, yang membuat alergi, ataupun yang dapat membuat masalah lainnya.

 

Be the first to comment on "Petunjuk Makanan Bayi 6 Bulan yang Direkomendasikan dan Dilarang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*