Pilih Diaper yang Tepat untuk Cegah Ruam Popok Pada Buah Hati

Banyak diantara orang tua yang lebih senang menggunakan produk-produk praktis yang akan digunakan untuk buah hati, apalagi yang masih berusia dini. Diantaranya adalah saat si kecil buang air pastinya lebih aman memang dengan menggunakan mereka diaper dibandingkan dengan popok biasa. Alasannya karena produk yang satu ini bisa dengan mudah dipasang begitu jug untuk mencopotnya. Jauh lebih praktis karena tak harus dicuci kembali namun langsung dibuang. Hanya saja satu hal yang tak Anda sadari bahwa penggunaan produk yang salah dapat memicu terjadinya ruam popok di kulit buah hati.

 Beberapa diantara Anda tentunya sudah sering menjumpai masalah yang menyebabkan kulit si kecil menjadi memerah dan iritasi tersebut bukan. Dalam beberapa kondisi akan diperparah dengan infeksi bakteri berbahaya. Kesalahan tersebut ternyata disebabkan oleh hal yang salah sepele, yaitu penggunaan produk popok instan. Hanya saja tentu tak semua popok memiliki efek samping tersebut, paling tidak ketahui tips pemilihan yang aman berikut ini, diantaranya adalah:

  1.  Pilihlah yang memiliki ukuran yang sesuai dengan buah hati Anda, selain untuk penggunaan yang lebih aman daya tampung terhadap air seni juga tak terlalu berlebihan sehingga Anda bisa mengganti setiap saat, ketika popok tak lagi dapat menampungnya.
  2. Hati-hati dengan warna yang terlalu putih, bukan tambah aman justru pewarna putih atau diorit yang berlebihan tersebut dapat memicu terjadinya iritasi di selangkangan buah hati.
  3. Perhatikan tanggal kadaluarsa, semua yang berhubungan dengan buatan pabrik pastilah memiliki masa kadaluarsa. Namun untuk popok sendiri terkadang hanya tanggal pembuatan yang dicantumkan, satu hal yang harus Anda ketahui bahwa produk yang satu ini memiliki tenggang waktu kadaluarsa hingga 5 tahun, jadi perhitungkan dengan diri agar tak menyebabkan ruam popok.

 Selain dengan pemilihan diaper instan yang tepat berikut ini juga ada sedikit tips yang dapat Anda gunakan untuk mencegah terjadinya ruam pada buah hati, diantaranya adalah:

 Jika buah hati sudah buang air besar di dalam diaper sebaiknya Anda langsung melepasnya dan membersihkan agar kotoran tak terlalu lama bersinggungan dengan kulit.

  1. Setelah membersihkan area popok buah hati jangan langsung memakaikannya diaper, tunggu hingga area tersebut kering terlebih dahulu, jika bisa berikan bedak tabur.
  2. Jika memang sudah terdapat gejala iritasi maka oleskan krim yang tepat dan biarkan dalam keadaan terbuka, jangan gunakan diaper terlebih dahulu untuk mempercepat kering.
  3. Pilihlah popok yang tak terlalu ketat sehingga memungkinkan bagian tersebut tetap bisa bernapas dengan leluasa.

 Sangat mudah bukan, jangan sepelekan ruam popok pada buah hati karena selain rasa sakit juga dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Be the first to comment on "Pilih Diaper yang Tepat untuk Cegah Ruam Popok Pada Buah Hati"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*